Pengolahan Kedelai Menjadi Kerupuk: Langkah Nyata Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Authors

  • Anita Andriani Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Iftitaahul Mufarrihah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Indana Lazulfa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Reza Augusta Jannatul F Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Sri Widoyoningrum Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i2.8241

Keywords:

Pengolahan Kedelai, Kerupuk Kedelai, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Lokal, Pemasaran Digital

Abstract

Abstract:

Pengolahan kedelai menjadi kerupuk merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertanian di Desa Sumber Teguh, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, yang dikenal dengan surplus kedelai. Meskipun kedelai merupakan komoditas yang melimpah, petani sering kali menjualnya dengan harga rendah karena kurangnya pengolahan yang meningkatkan nilai ekonomisnya. Melalui pelatihan pengolahan kedelai menjadi kerupuk, masyarakat diberikan keterampilan untuk mengolah kedelai menjadi produk yang lebih bernilai dan siap dipasarkan. Program ini tidak hanya memberikan pengetahuan mengenai proses produksi, tetapi juga mencakup strategi pemasaran berbasis digital yang dapat membantu memperluas pasar produk lokal. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta dalam mengolah kedelai menjadi kerupuk yang dapat dipasarkan secara efektif. Selain itu, program ini juga menciptakan peluang usaha baru yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat. Dengan demikian, pengolahan kedelai menjadi kerupuk menjadi langkah nyata dalam pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aurellia, S., Putri, N., & Achmad, Z. A. (2024). Enhancing Tourist Visits to Pantai Sembilan Through Effective Instagram Marketing Strategies. MetaCommunication: Journal of Communication Studies, 9(1), 154–172. https://doi.org/10.20527/mc.v9i2.19812

Harnilawati, Insiyanda, D. R., Sopingi, I., Indriasari, E., Nubatonis, O. E., Schouten, F. S., Suryandari, M., Udil, P. A., Veronica, & Wangge, M. (2024). Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher.

Hastuti, Tamsir, I., Vindi, W. O., & Leni. (2022). Peningkatan Peran Perempuan Dalam Upaya Mendorong Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.205

Husein, M. A., Wikartika, I., Hamizan, M. S., Wahyudi, W. P. R., & Tsaqif, L. M. (2022). Pendampingan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kerupuk Kedelai “Cap Makmur” di Kelurahan Bendo Kota Blitar. Karya Unggul: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 242–248.

Istiqomah, & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5, 363–382. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019

Jatim.bsip.pertanian.go.id. (2024). Tingkatkan Kapasistas Petani untuk Pertahankan Prestasi JATIM Sebagai Pusat Tumbuh Kedelai Nasional. https://jatim.bsip.pertanian.go.id/berita

Marthalina. (2018). Pemberdayaan Perempuan dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 3(1 SE-Articles). https://doi.org/10.33701/j-3p.v3i1.862

Mutmainah, N. (2020). Peran Perempuan dalam Pengembangan Ekonomi Melalui Kegiatan UMKM di Kabupaten Bantul. WEDANA: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/wedana.2020.vol6(1).4190

Nisa, F. L., Hasanah, A. L., & Marseto, M. (2022). Rebranding Krupuk Kedelai Cap Makmur Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Sekaligus Perbaikan Gizi Masyarakat. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 47–58. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/79

Pramono, S. A. (2021). Inovasi Potensi Pangan Kacang Kedelai: Dari Olahan Produk Hingga Pemasaran Online. Jurnal Atma Inovasia, 1(3), 402–408. https://doi.org/10.24002/jai.v1i3.3983

Prasetya, R. E., & Yuliawati, Y. (2020). Strategi Pengembangan Kedelai di Rumah Kedelai Grobogan. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 33–45. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v4i1.5353

Retno, R. S., Utami, S., & Yuhanna, W. L. (2020). Pemanfaatan Ampas Kedelai Menjadi Kerupuk Untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat Desa Wakah Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Panrita Abdi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3 SE-Articles), 298–304. https://doi.org/10.20956/pa.v4i3.7609

Widiarty, W. S. (2024). Peran Perempuan Terhadap UMKM Dalam Perspektif Hukum Ekonomi. UNES Law Review, 6(3), 8626–8632. https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i3.1752

Zikwan, M., & Susanti, D. (2020). Produksi Kerupuk Kedelai Dalam Presfektif Produksi Islami Pada CV Muzaffer Arjasa Situbondo. Al-Idarah : Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1), 84–97. https://doi.org/10.35316/idarah.2020.v1i1.84-97

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Andriani, A., Mufarrihah, I., Lazulfa, I., F, R. A. J., & Widoyoningrum, S. (2024). Pengolahan Kedelai Menjadi Kerupuk: Langkah Nyata Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 96–105. https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i2.8241