Penguatan Ecopreneurship untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6710Keywords:
Ecopreneurship, Kewirausahaan, Minat BerwirausahaAbstract
Pelatihan ecopreneurship kepada siswa Madrasah Aliyah dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendukung pemerintah dalam menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa entrepreneur yang tangguh. Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi tentang wawasan kewirausahaan dan pengalaman kepada siswa dalam menghasilkan produk kewirausahaan berbasis lingkungan hidup. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan melalui tiga tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap refleksi dan tahap evaluasi. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 April 2024 di MASS Khoiriyah Hasyim Seblak Jombang. Peserta kegiatan pelatihan adalah siswa kelas X dan XI IPA Putri sebanyak 31 orang. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa sebanyak 83,87% peserta aktif selama mengikuti pelatihan; nilai ketrampilan dari pembuatan produk sebesar 82; dan skor minat berwirausaha sebesar 81,5.
Downloads
References
Abdussamad, J., Sopingi, I., Setiawan, B., & Sibua, N. (2024). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. PT Media Penerbit Indonesia.
Af’idah, N., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2022). Pelatihan Ecopreneurship untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 6(1), 1–6.
Berlianantiya, M., Huda, K., Feriandi, Y. A., & Harmawati, Y. (2020). PKM bagi Siswa SMK Wijaya Kusuma Kabupaten Madiun Melalui Pelatihan Ecopreneur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 74. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2349
Bidasari, & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Kewrirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. Jurnal Ikraith Ekonomika, 3(2), 20–29.
BPS. (2021). Per 09 November 2021: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 6,49 Persen. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2021/11/05/1816/-revisi-per-09-11-2021-agustus-2021-tingkat-pengangguran-terbuka-tpt-sebesar-6-49-persen.html
Gultom, P. (2021). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMA Melalui Pelatihan dan Seminar. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.57251/ped.v1i2.151
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. Pilar: Perspectives of Contemporary Islamic Studies, 11(1), 99–111.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.
Musfiroh, A., Sopingi, I., & Haryanti, P. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Insani Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPRS Lantabur Tebuireng. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 4(3), 144–151. https://doi.org/10.33752/jies.v4i3.5761
Paramansyah, H. A. (2020). Manajemen pendidikan dalam menghadapi era digital. Arman Paramansyah.
Pradifta, I., Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2021). Pendekatan Ecopreneurship Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 56–59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajrul Falah, Noer Af’idah, Roudhoutul Aulia Rochim, Anita Musfiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.