Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun

Authors

  • Kusnul Ciptanila Yuni K Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Imam Sopingi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Athi' Hidayati Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Anita Musfiroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Lailatul Maghfiroh Putri Rifardi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Lutfia Sobaroh Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680

Keywords:

Usaha Mandiri, Bolen Pisang, Marketing Mix, Kapabilitas Usaha, Desa Bibrik Madiun

Abstract

Usaha mandiri bolen pisang di desa Bibrik Madiun merupakan bagian integral dari ekonomi lokal yang membutuhkan perhatian dalam meningkatkan kapabilitasnya. Pengarahan ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi marketing mix sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing usaha ini. Metode dalam pengarahan ini menggunakan program bantuan strategi atau metodologi Asset-Based Community Development (ABCD). Hasil pengarahan menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat mengenai stunting sebelum dilakukanya monitoring/pengarahan hanya 60% yang menjawab benar dari seluruh peserta penyuluhan, dan setelah dilakukan monitoring/pengarahan hasilnya meningkat 20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan mengenai pengetahuan marketing mix masyarakat berhasil meningkat menjadi 80%. Artinya terdapat dampak positif dari pemberian monitoring sekaligus materi pengetahuan marketing mix terhadap ibu kader PKK dan ibu-ibu masyarakat desa Bibrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annas, Ramadhani, W., Maula, M., Jannah, M., Raisatunnisak, Adisa, S., & Wulandari, S. (2023). Pendampingan dan Sosialisasi Pembuatan Lumpia Durian dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. MALIK AL-SHALIH: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.52490/malikalshalih.v2i1.1831

Arafah, S., Miko, J., & Syafitri, E. (2022). Implementasi Personal Branding dalam Meningkatkan Kredibilitas Jiwa Entrepreneurship di Era Digital. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 119–123.

Bastomi, M., Nu’man, M. S., Zahro, A., Aminudin, K., & Hakim, T. (2022). Peningkatan Daya Saing Kopi dengan Strategi Kemasan Dan Pemasaran di dusun Borojabung. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.33752/dinamis.v2i1.530

Bukido, R., & Mushlihin, M. A. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif bagi Masyarakat Miskin di desa Gangga II dengan Menggunakan Metode ABCD. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.30984/nyiur.v2i1.286

Fitrianto, A. R., Amaliyah, E. R., Safitri, S., Setyawan, D., & Arinda, M. K. (2020). Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong. Jurnal Abdidas, 1(6), 579–591. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.120

Hermanzah, L. A., & Sopingi, I. (2022). Strategy of Islamic Marketing: Studi Kasus Pada Pariwisata Religi. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 3(2010), 109–125. https://doi.org/10.33752/jies.v3i3.681

Indiriani, E., Utomo, A., & Edy, I. C. (2020). Model Strategi Penguatan Daya Saing Industri Kreatif Pariwisata Bernilai Kearifan Lokal. Deepublish.

K, K. C. Y., Efendi, M. N., & Hidayati, A. (2023). Grand Design of Village-Based Islamic Economic Development Planning in an Effort to Achieve Sustainable Development of Indonesia Gold 2045 in Ngancar village , Plaosan district , Magetan Regency. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 199–210.

Kurniawati, S. R., Jaelani, A. F., & Dardiri, M. (2022). Analisis Potensi dan Minat Masyarakat Dalam Program Badan Usaha Milik Desa Murni Jaya Di Desa Sumbermulyo Kabupaten Jombang Tahun 2021. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.33752/dinamis.v2i2.516

Musta’anah, A., & Sopingi, I. (2019). Implementasi Pengelolaan Zakat Produktif Hibah Modal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Miskin (Studi Pada Baznas Kota Mojokerto). ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 6(1), 65. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v6i1.5611

Nur, S., Mas’ud, A., Suriadi, L., Tamburaka, S., & Ariani, W. O. R. (2022). Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif Melalui BUMDes dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Pedesaan di Kec.Konda, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 107–111. https://doi.org/10.33752/dinamis.v2i2.704

Nurhidayati, A., Tahwin, M., & Yudianto, A. (2021). Pendampingan Pengelolaan dan Pengembangan Pisbol Rizquna di desa Punjulharjo kecamatan Rembang. ABDI WIRALODRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(September), 95–109. https://doi.org/10.31943/abdi.v3i2.40

Rosidayanti, Sopingi, I., & Haryanti, P. (2023). Peningkatan Inklusi Keuangan Syariah melalui Penyaluran Dana Kepaada UMKM : Studi Kasus Pada BWM Tebuireng Jombang. Iqtisadie: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 3(2), 165–180. https://doi.org/10.36781/iqtisadie.v3i2.474

Sa’adah, H., & Sopingi, I. (2019). Marketing Mix-7P dan Religi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah (Survey Pada PT. Bank BRISyariah KCP Wahid Hasyim Jombang). MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 59. https://doi.org/10.21043/malia.v3i1.8089

Setyawan, W. H., Mansur, Rahayu, B., Maryam, S., Aslichah, Khoiruddin, Muafiqie, H., Ratnaningtyas, E. M., Nurhidayah, R., & Efendi, M. Y. (2022). Asset Based Community Development (ABCD).

Sidik, A., Fadhil, F., Dwi, L., Romadon, N. A., Ramadhan, M. V., Wijaya, S., Sulistio, A., Putri, M. D., Lathifah, U. N., Fitrotunnisa, Z., Yuliana, H., Imas, A. N., & Kholifah, A. (2023). Pendampingan dan Sosialisasi Kepada UMKM dengan Metode ABCD sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Kampelmas, 2(1), 129–139. https://proceedings.uinsaizu.ac.id/index.php/kampelmas/article/view/627

Sopingi, I. (2016). Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya’ ’Ulum Al-Din. Iqtishoduna, 10(2), 142–148. https://doi.org/10.18860/iq.v10i2.3223

Wijayanti, R., Suratman, & Fitriana, I. (2021). Peningkatan Manajemen Usaha dan Diversifikasi Produk Usaha Rumahan Jajanan Tradisional desa Bintoro kabupaten Demak. Jurnal ABM-Mengabdi, 8(2), 15–25. https://doi.org/10.31966/jam.v8i2.949

Yuni, K. C. K. (2022). Implikasi Terhadap Regulasi Pemekaran Ekosistem Securities Crowdfunding Syariah Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3323–3332. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6801

Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

K, K. C. Y., Sopingi, I., Haryanti, P., Hidayati, A., Musfiroh, A., Rifardi, L. M. P., & Sobaroh, L. (2023). Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680