Peran Literasi Keuangan Syariah Dalam Membangun Kesadaran Generasi Milenial Di Era Revolusi Industri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.33752/dinamis.v4i1.6463Abstract
Peran literasi keuangan syariah menjadi semakin krusial di era Revolusi Industri 5.0, terutama bagi generasi milenial yang kerap menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman milenial tentang literasi keuangan syariah, guna membantu mereka membuat keputusan finansial yang lebih bijak dan etis. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan terdiri dari (1) melakukan studi literatur mengenai peran literasi keuangan syariah bagi generasi milenial dalam mengelola keuangan; (2) menentukan waktu pelaksanaan dan durasi kegiatan pengabdian bersama dengan tim pelaksana; (3) menentukan dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan metode pengajaran yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan slide dan presentasi. Hasilnya para peserta menjadi lebih mengetahui tentang literasi keuangan syariah dan menjadi sadar pentingnya mengetahui konsep literasi keuangan syariah.
Downloads
References
Abdussamad, J., Sopingi, I., Setiawan, B., & Sibua, N. (2024). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. PT Media Penerbit Indonesia.
Arafah, S., Miko, J., & Ria. (2023a). Edukasi Peran Inklusi Keuangan Syariah Dalam Meningkatkan Stabilitas Ekonomi Masyarakat. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 108–116. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5692
Arafah, S., Miko, J., & Ria. (2023b). Implementasi Perilaku Manajemen Keuangan Syariah Dalam Mengatasi Masalah Keuangan Di Era Digitalisasi. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–64. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.5788
Arafah, S., Miko, J., & Syafitri, E. (2022). Implementasi Personal Branding dalam Meningkatkan Kredibilitas Jiwa Entrepreneurship di Era Digital. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 119–123. https://doi.org/10.33752/dinamis.v2i2.5859
Azmi, M., Susanti, R., Zurkarnaen, Z., & Pratama, M. R. A. (2023). Analisis SWOT perkembangan Zakat dan Strategi Pengembangan Zakat di Indonesia dalam Revolusi Era Society 5.0. Journal of Economics and Business, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.61994/econis.v1i1.106
Haryanti, P., Hidayati, A. ’, Sopingi, I., Ciptanila, K., Riris, Y. K., Roman, Y., & Nurhayati, D. (2023). Peningkatan Literasi Perbankan Syariah Berbasis Digital Platform Di SMK Perguruan Muallimat Cukir Jombang. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(7), 2562–2568. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2562-2568
Haryanti, P., Sopingi, I., Hidayati, A., & Yuni, K. C. (2023). Literasi Keuangan Syariah Untuk Generasi Z di SMK Perguruan Muallimat Cukir. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 7, 296–304. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4945
Kholbi, A. N., Sopingi, I., & Kusuma, K. C. Y. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Personal Religius terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia. Journal of Institution and Sharia Finance, 6(2), 75–88. https://doi.org/10.24256/joins.v6i2.4711
Kusuma, K. C. Y., Sopingi, I., Haryanti, P., Hidayati, A., Musfiroh, A., Rifardi, L. M. P., & Sobaroh, L. (2023). Pengarahan Peningkatan Kapabilitas Usaha Mandiri Bolen Pisang melalui Marketing Mix di desa Bibrik Madiun. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 117–126. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i2.5680
Miko, J. (2023). Pengenalan Koperasi Syariah Dalam Mensejahterakan Perekonomian Umat. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 45–49. https://doi.org/10.33752/dinamis.v3i1.5786
Novianti, D. (2021). Program Peningkatan Literasi Produk Bank Syariah Pada Masyarakat Kelurahan Paritlalang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 1(2), 52–57. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.321
Rahman, F. A., Aji, T. S., & Sopingi, I. (2023). Strategi Digitalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Berdasarkan Islamic Efficiency:(Studi Kasus Pada BMT UGT Nusantara Cabang Lodoyo Blitar). Journal of Cross Knowledge, 1(2), 364–371.
Rusliani, H. (2022). Peran Masyarakat Ekonomi Syariah Dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Provinsi Jambi. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i3.701
Suntara, R. A. (2022). Penguatan Karakter Peduli Sosial Generasi Muda melalui Komunitas Pegiat Sosial dan Pendidikan. Jipis, 31(2), 97–106.
Ummah, F. F., Aji, T. S., & Sopingi, I. (2024). Utilitarianisme Islam dan Risiko Pengaruhnya terhadap Shopee Buyer Satisfaction. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.5909
Widiawati, M. (2020). Pengaruh literasi keuangan, locus of control, financial self-efficacy, dan love of money terhadap manajemen keuangan pribadi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 97–108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jeroh Miko, Fina Hariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.