Peluang dan Tantangan Pada Industri Rumah Tangga Kuliner: Tinjauan Literatur
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v9i1.5845Keywords:
Persaingan, Industri Rumah, ProdukAbstract
Persaingan adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah bisnis. Setiap pelaku usaha selalu berupaya untuk menarik minat konsumen sebanyak mungkin dan memenangkan pesaingan pasar. Industi rumah tangga adalah bagian dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah yang sering disebut berperan besar dalamg perekonomian Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya para pelaku usaha ini juga harus menerapkan strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan dan agar tetap dapat bertahan. Tulisan ini merupakan sebuah tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam menerapkan strategi pemasaran oleh pelaku usaha kuliner. Data dalam tulisan ini berupa data sekunder yang diperoleh dari kajian pustaka yang relevan dengan tema yaitu peluang dan tantangan yang dihadapi para pelaku usaha kuliner. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa adanya persaingaan sehingga para pelaku industri rumah tangga bidang kuliner ini berusaha mempertahankan kualitas produk dengan selalu menggunakan bahan baku yang bermutu dan tidak menggunakan bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan. Harga yang ditawarkan juga masih relatif murah, memilih tempat berjualan yang strategis sehingga memudahkan konsumen untuk membeli. Adanya usaha rumah tangga ini juga berpeluang meciptakan lapangan pekerjaan, penopang perekonomian daerah dan ekonomi nasional serta dapat menjadi upaya pelestarian kuliner nusantara. Sedangkan tantangannya adalah adanya digitalisasi dimana penjual juga menawarkan pembelian berbasis online serta melakukan promosi pada berbagai media, termasuk promosi melalui media sosial. Memiliki sumber daya manusia yang memahami teknologi dan aplikasi digital baik untuk promosi ataupun untuk transaksi keuangan.
Downloads
References
Adi, N. B. (2020). Eksistensi UMKM Makanan Pada Era Jasa Pengiriman Makanan Berbasis Online (Go Food/Grab Food) di Wilayah Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Aditya, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Ringan Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) AMIFA Keluarga Lestari. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Akim-Akim, Neneng, K., Purmana, C., & Adilla, M. H. (2018). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifkasi Halal pada produk makanan. KUMAWULA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Al Mubarak, M. A. R., Malihah, L., Mu’minah, M., & Ma’mun, M. Y. (2023). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal. Al-Adl : Jurnal Hukum, 15(1), 218. https://doi.org/10.31602/al-adl.v15i1.7072
Alma, B. (2008). Pengantar Bisnis. Alfabeta.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Astiwara, R. E. (2019). Implementasi Bauran Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil, Menengah Mutiara Cake. Universitas Semarang.
Basri, H., Ma’mun, M. Y., & Malihah, L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap kepuasan konsumen (studi Toko Ponsel Sahabat Selluler Martapura). J-CEKI : Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(1), 99–113.
Berlin, B., Suharto, A., & Suhendri, S. (2022). UMKM Pembuatan Makanan Ringan dan Inovasi Produk Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(1).
Dairobi, D., Malihah, L., Ma’mun, M. Y., & Bahriah, B. (2021). Implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM di Sekitar Lingkungan Kampus IAI Darussalam Kelurahan Tanjung Rema Martapura). MISSY Management and Business Strategy, 2(1), 50–55.
Darmawan, E., & Aqino, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Produk UMKM Makanan Khas Banten di Kota Serang. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 23(3).
Dewi, M., Hubies, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT Madanifood, Jakarta). IKM Jurnal Manajemen IPB, 15(1), 77–83.
Dina, F. (2021). Analisis Dampak Bisnis UMKM Rumah Makan di masa Pndemi Covid-19 di Kalimantan Barat. Prosiding Seminar Nasional SATIESP 2021, 191–200.
Fanaqi, C., & Yatnosaputro, R. U. D. S. (2022). Strategi E-Marketing UMKM Produk Makanan 3S Opieun Nheunah di Masa Pandemi Covid-19. JDMR : Jurnal Digital Media & Relationship, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.51977/jdigital.v4i1.726
Fawaid, A., & Fatmala, E. (2020). Home Industri Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat. Al Qalam : Jurnal Ilmiah Keagaam Dan Kemasyarakatan STQ Amuntai, 14(1).
Fitriyani, A. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha (studi pada toko pusat oleh-oleh Al Barokah di Kota Semarang). Universitas Semarang.
Furqon, M. A., & Nizham, A. (2021). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Bisnis UMKM Makanan dan Minuman di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Islam, 3(1), 60–79.
Hadi, S., Satato, Y. R., & Ainan, M. (2022). Studi Strategi Pemasaran Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada UMKM Olahan Tempe Semarang. Jurnal Ilmiah EKonomi Dan Bisnis, 15(2), 375–381.
Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mamuju. Growth : Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2).
Hasibuan, M. Hi. (2021). Analisis Usaha Mikro Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Cepat Saji yang terdaftar di Marketplace sebelum dan selama Pandemi Covid-19 di Kota Medan (Studi Kasus : Grab-Food dan Go-Food). Universitas Muhammadiyah SUmatera Utara.
Hayati, S. N. S., Rusdiana, R., & Malihah, L. (2023). Pengaruh dgital payment dan promosi terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 8(2), 123–134.
Hilmiyah, N., Permana, E., Hatta, I. H., & Widyaningsih, M. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku UMKM Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 226–245.
Ibad, I. (2019). Strategi Rasional Pelaku UMKM Kuliner Dalam Layanan Mitra Go Food (Studi deskriptif pada pelaku UMKM Kuliner Ayam Geprek di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya). Universitas Airlangga.
Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2008). Syariah Marketing. Mizan Pustaka.
Khumaerah; Puspitasari, R. (2019). Pengaruh Keberadaan Home Industri Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 8(2).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.
Malihah, L. (2022a). Analisis Kualitas Produk Scooter Matic Ditinjau Dari Sisi Kondumen Muslimah. J-EBIS Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(1), 87–106.
Malihah, L. (2022b). Perencanaan saluran distribusi. In A. Masruroh (Ed.), Perencanaan Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Impelemntasi dan pengendalian (pp. 201–228). Widina Bhakti Persada.
Malihah, L., & Normala, S. (2024). Peluang dan Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Digital. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 505–512. https://doi.org/10.46306/jbbe.v17i1
Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamana Kabuapten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1). https://doi.org/10.19184/jpc.v13i1.10432
Martianingrum, A. (2018). Perilaku penemuan Informasi di Kalangan Pelaku Usaha Makanan di Surabaya. Universitas Airlangga.
Meilani, Y. F. C. P., & Simanjuntak, S. (2012). Faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan dan minuman Usaha Kecil Menengah Kabupaten Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2), 164–171.
Meilania, G. T., & Malihah, L. (2023). Perbandingan Model peramalan jumlah pencari kerja menggunakan ARIMA dan Double Exponential Smoothing. Jurnal Litbang Sukowati Bapperida Kabupaten Sragen, 7(2), 169–178.
Miliantari, D. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kube Kuliner Asahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Muslimin, Zainuddin, Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Unutk Meningkatkan Penjulan Pada Usaha UMKM sederhana ( Studi Kasus Desa Konda Kecamatan Konda). Sultra Journal of Economic and Business, 3(2).
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting : Jurnal Imiah Ilmu Manajemen, 1(1).
Nisa, K. (2022). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Bidang Kuliner di Masa Pandemi Covid 19 di Kota Pekanbaru ( Studi Kasus Dimsum Yang Cafe). Universitas Islam Riau Pekan Baru.
Nurmala, N., Sinari, T., Lilianti, E., Jusmany, J., Emilda, E., Arifin, A., & Novalia, N. (2022). Usaha Kuliner sebagai penggerak UMKM pada masa Pandemi Covid 19. Jurnal Aksi Kepada Masyarakat STEBIS IGM, 3(1), 65–74.
Parhuniarti. (2021). StrategiPengembangan UMKM sektor kuliner pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Mataram. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Prioctavia, D. (2020). Analisis UMKM : Bukti Empiris Produk Makanan Ringan di Kabupaten Cilacap. Universitas Siliwangi.
Puspitasari, F. (2014). Diversifikasi Produk Makanan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Inovasi di Kota Blitar. Universitas Jember.
Rahayu, S. N. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Rumah Makan (Studi di Desa Qurnia Mataram Seputih Mataram Lampung Tengah. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung.
Rangkuti, F. (2018). RISET PEMASARAN (8th ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Rojali, A. (2019). Strategi Pengembangan usaha Kuliner Pedagang kaki lima pada Pajak Inpres Pasar 3 Kecamatan Medan Denai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sa’adah, Z. N. (2022). Strategi Pemasaran UMKM “Sinta Kress” di Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Universitas Islam Negeri Jember.
Safitriyanah, S. (2021). Strategi Pemasaran Pada UMKM Makanan Ringan Syafira di Tengah Pandemi Covid-19. Politeknik Harapan Bersama.
Setiawan, A. K., & Rahmi, D. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Makanan dan Minuman di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. JRIEB : Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 133–142. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2796
Setiawan, T. F., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). Manajemen IKM, 13(2), 118–126.
Simarga, H. E., Febrianto, H. G., & Fitriana, A. I. (2022). Keputusan Pembelian produk YMKM kuliner di Kota Tangerang digital marketing dan influenscer. Jurnal EKonomi Manajemen Dan Akuntansi, 24(3).
Sunyoto, D. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, & Evanita, S. F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2759–2805.
Wahyudi, I. (2022). Analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan pengembang perumahan perspektif ekonomi islam (studi pada PT. Jatiwangi Property Group, BAndar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Windasari, Vicky ; Wilandari, A. (2022). Identifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kinerja UMKM pada masa pandemi Covid-19. EKONOMIKA : Universitas Borneo Tarakan, 13(2).
Yasri. (2015). Keunggulan Bersaing Produk Makanan UMKM dibidang Industri Besar di SUMBAR. Madic: Management Dynamics Conference.
Yuniarta, S. N. (2021). Strategi Perbaikan Kualitas Produk dan Pelayanan Usaha Mikro Kecil Menengah di Masa Pandemi Covid-19 (studi di Kota Bengkulu). Universitas Islam Negeri Bengkulu.
Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil, Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah Solo. Diponegoro Journal Of Management, 2(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lola Malihah, Aji Nur Sari, Zaitun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.