Pengaruh Digital Payment dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura
DOI:
https://doi.org/10.33752/bisei.v8i2.5152Keywords:
Digital Payment, Promosi, Perilaku Konsumtif MahasiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini muncul karena kemajuan teknologi yang membawa berbagai inovasi baru pada era saat ini, terutama di sektor keuangan dengan adanya sistem pembayaran digital atau digital payment. Sistem ini memungkinkan untuk melakukan transaksi dalam berbagai kegiatan seperti bisnis, berbelanja, pembayaran transportasi umum, dan belanja online. Oleh karena itu, riset ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana pengaruh digital payment dan promosi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Metode riset yang dipakai ialah metode lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel riset ini terdiri dari 150 mahasiswa FEBI IAI Darussalam Martapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersamaan, variabel Digital Payment dan Promosi memiliki pengaruh positif serta signifikan akan variabel Perilaku Konsumtif, dengan nilai sig. 0,000 (sig = 0,000 < α = 0,05). Secara terpisah, variabel Digital Payment (X1) memiliki pengaruh parsial yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,029 < α = 0,05 atau nilai thitung = 2,201 < ttabel = 1,655. Sementara variabel Promosi (X2) juga memiliki pengaruh parsial yang signifikan dengan nilai sig. 0,000 < α = 0,05 atau nilai thitung = 6.552 > ttabel = 1.976.
Downloads
References
Armstrong, K. P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran .
Arthur, O. (n.d.). Persepsi, Sikap, Dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal EMBA 2(1) , 561-570.
Diana, I. N. (2012). Hadist-Hadist Ekonomi . Malang : UIN Maliki Press.
Hasanah, U. (2017). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dari Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Surakarta.
Lola Malihah, A. Z. (2022). Analisis Perilaku Shopaholic ditinjau dari perspektif Manajemen dan Perspektif Islam. Musyarakah J. Sharia Econ 2, 71-79.
Lola Malihah, G. T. (2023). Analisis Pengaruh Brand Ambassador Balckpink Terhadap Minat Beli Produk OREO. JISIP. J. Ilmu Sos. dan Polit. 12, 220-232.
Lola Malihah, M. M. (2021). Analisis SWOT Terhadap motivasi penggunaan transaksi non tunai (Emoney) oleh pelaku UMKM (Studi pada pelaku UMKM disekitar lingkungan kampus IAI Darussalam Martapura). Musyarakah 1, 89-99.
Lola Malihah, Z. W. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Mie Sedaap dalam meningkatkan minat beli konsumen. J. Adm. Kant. Univ. Bina Insa, 11, 128-139.
NKD, F. (2023). LOGIQUE. Retrieved from LOGIQUE: http;//www.logique.com
Nur Inayah, L. M. (2023). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Khaitul Amin Martapura Cabng Sukaramai. IHTIYATH J. Manaj. Keuang. Syariah IAIN Langsa Aceh, 111-125.
Pear, G. (2015). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saputra, L. (2019). Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul). . Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1), 142-153.
Sauqi, M. (2021). Hadist-Hadist Ekonomi Syariah. Martapura.
Suhara, R. (2017). Pengaruh Intensitas Terpaan Iklan Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pelajar. SOSFILKOM.
Trantang, J. (2018). Penyelesaian Sengketa melalui Lembaga Arbitrase. JUrnal Al-Qordh Volume 4, No. 2, 110.
Wati, S. (2020). pengaruh penggunaan sigital payment terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Umiversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Sa’da Hayati, Rusdiana, Lola Malihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ini adalah sebuah jurnal akses terbuka, yang berarti bahwa semua konten yang tersedia secara bebas tanpa biaya kepada pengguna atau / nya lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, download, menyalin, mendistribusikan, cetak, mencari, atau link ke teks lengkap dari artikel, atau menggunakannya untuk tujuan yang sah lainnya, tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
This is an open access journal, which means that all content is freely available without charge to the user or his/her institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of the articles, or use them for any other lawful purpose, without asking prior permission from the publisher or the author.