Tatbiq Thoriqoh al Insya’ al Muwajjah Li Tahsin Mahārah al Kitābah Fi Ta’lim al Lughah al ‘Arabiyyah Bi Madrasah al Tsānawiyah al Islamiyyah “ Ar Rahmān “ Sumoyono , Jombang

Penulis

  • Naily Fauziyah Universitas Hasyim 'Asy'ari
  • Lailatul Qomariyah

DOI:

https://doi.org/10.33752/el-fusha.v5i2.6772

Kata Kunci:

Insha' al-Muwajjah, Arabic Language Learning, Maharah Kitabah

Abstrak

Keterampilan menulis merupakaan salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan kepada siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Metode Insya’ al Muwajjah merupakan salah satu penunjang untuk memahami keterampilan menulis dalam bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui penerapan metode insya’ al Muwajjah untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI MA Ar-Rahman Sumoyono Jombang, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode insya’ al Muwajjah untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa arab di kelas XI MA Ar-Rahman Sumoyono Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data data yang diperoleh menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil obsevasi yang dilakukan oleh peneliti, Metode Insya’ al muwajjah yang diterapkan di MA Ar-Rahman Sumoyono Jombang menggunakan metode insya’ al muwajjah narasi atau cerita. Faktor pendukung dan penghambat dari hasil penelitian tersebut adalah Faktor Pendukung (1) guru yang mumpuni (2) metode yang mudah dipahami (3) bahan ajar yang sudah memenuhi syarat dalam proses pembejaran (3) ntusias para siswa yang tinggi. Faktor Penghambat (1) latar belakang siswa yang berbeda-beda (2) kemampuan siswa dalam menghafalkan kosakata seringkali mengalami kesulitan karena setiap siswa memiliki daya serap yang berbeda-beda, (3) kurangnya penggunaan media tambahan ($) kreatifitas sebagian siswa yang kurang maksimal dalam mengolah kosakata ke dalam sebuah kalimat

Kata kunci: Insya’ al-Muwajjah, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharah Kitabah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

الكتاب أداب العالم والمتعلم فى الباب السابع في اداب العالم مع تلامذته وفيه اربعة عشر نوعا من الأداب

دوجلاس براون، مبادئ تعلم وتعليم اللغة, (الرياض: مكتب التربية العربي لدول الخليج،)1994، ص 170

هانز فير، معجم اللغة العربية الماصرة، (بيروت: مكتية لبنان، 1980)، ص.964

Jumriani, J. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS XI IPB SMAN 4 BANTAENG (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar), 4.

Jumriani, J. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS XI IPB SMAN 4 BANTAENG (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar), 4.

Nurhanifah, N. S., Problematika Mahasiswa Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab, Vol. 5, 2021, In International Conference of Students on Arabic Language, 645.

Hidayat dan Putra, Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Dengan Metode Insya’ Muwajjah : Studi Pada Santri Kelas IX, Vol. 3, Jurnal Pendidikan Indonesia, 2023, 757.

Eka Susanti, Efektivitas Pembelajaran Insya’ Muwajjah Untuk Meningkatkan Maharotul Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 8 Muaro Jambi, Vol. 3, 2023, 5.

Hidayat dan Putra, Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab Dengan Metode Insya’ Muwajjah : Studi Pada Santri Kelas IX, Vol. 3, Jurnal Pendidikan Indonesia, 2023, 758.

Aisyatul Hanun, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam Pembelajaran Insya’, Vol. 10, 2019, 85-86.

Aisyatul Hanun, Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dalam Pembelajaran Insya’, Vol. 10, 2019, 84.

Suwarma Al Muchtar, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung : Gelar Pustaka Mandiri, 2015) , 243

Amalia, T. Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 2019, h. 318.

Amalia, T. Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 2019, h. 318.

Parhan, Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa Dalam Pembelajaran Insya’, Vol. 1, 2022, Journal of Arabic & Arabic Studies, h. 141.

Khoirun Nisa’, Penerapan Insya`Muwajjah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, journal on Arabic language and literature, Vol. o5, h. 90

Dwi Zakiyyah, penerapan ice breaking pada proses belajar guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV sd negeri sugihan 03, Vol. 2, hlm. 75

Ahmad Fuad effendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2005) hlm. 1444-145

Supriyono, pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar, Voll II, 2018, hlm 45

Ina Magdalena, Perbedaan individu peserta didik sekolah dasar, vol II, 2020, jurnal pendidikan dan sains, hlm 262

Ina Magdalena, Perbedaan individu peserta didik sekolah dasar, vol II, 2020, jurnal pendidikan dan sains, hlm 262

Abdul wahid, pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar, Vol. 5, 2018, hlm. 3

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-12