Strategi Pesantren Dalam Meningkatkan Literasi Santri

Authors

  • Eliza Yanti Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.33752/tjiss.v5i1.6652

Keywords:

Manajemen Strategi, Strategi Pesantren, Literasi Santri

Abstract

Di era modern ini, pendidikan literasi sangatlah penting, karena literasi dapat membentuk perkembangan logika. Praktik literasi di Pesantren masih terbilang kurang baik, hal ini dikarenakan pada umumnya santri yang tinggal di Pesantren hanya mempelajari dan menyimpan tulisan-tulisan Islam dalam arti sebenarnya dan tentunya tidak ada kreasi spontan dalam bidang strategi logika, sehingga siklus transmisinya saja. menghasilkan kumpulan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses Pesantren dalam meningkatkan pendidikan santri di Pesantren Modern Al-Zahra. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Zahra menunjukkan beberapa aspek strategi dalam mempersiapkan, melaksanakan dan memeriksa gerak proses menuju pencapaian tujuan yang hierarkis, implementasi strategi menyangkut tindakan nyata untuk melaksanakan rencana strategis, proses ini memerlukan perubahan yang efektif manajemen dan pengambilan keputusan yang tepat. Kemampuan peserta didik dapat dibangun dengan konsep penyesuaian kurikulum, menciptakan dan memberikan metode pengajaran yang enteraktif, memanfaatkan teknologi, memberikan pelayanan yang baik, dan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, peningkatan literasi menjadi pendorong utama dalam menjaga keberlangsungan pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang relevan dan berdaya saing di era globalisasi ini. Literasi yang baik juga memungkinkan santri menjadi pemimpin masa depan. Peneliti menyarankan dalam implementasi strategi Pesantren untuk meningkatkan literasi santri di Pondok Pesantren Modern Al-Zahra dengan menggunakan sistem komputer yang efisien dan akurat, agar tercapai tujuan peningkatan kapasitas literasi santri secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, B. (2020). Peranan Manajemen Strategi Dan Manajemen Operasional Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 3(2). https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.57-66

Amagir, A., Groot, W., van den Brink, H. M., & Wilschut, A. (2020). Financial literacy of high school students in the Netherlands: knowledge, attitudes, self-efficacy, and behavior. International Review of Economics Education, 34, 100185. https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100185

Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. The Community Engagement Journal: The Commen, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.52062/.v2i1.2149

Azra, A., Afrianty, D., & Hefner, R. W. (2010). Chapter 8. Pesantren and Madrasa: Muslim Schools and National Ideals in Indonesia. In Schooling Islam (pp. 172–198). Princeton University Press. https://doi.org/10.1515/9781400837458.172

Baharun, H., & Rizqiyah, L. (2020). Melejitkan Ghiroh Belajar Santri Melalui Budaya Literasi di Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 108. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3048

Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata, 2(2), 64. https://doi.org/Http://Jurnal.Stai-Yaptip.Ac.Id/Index.Php/Menata/Article/View/163/133

Dabić, M., Ortiz‐De‐Urbina‐Criado, M., & Romero‐Martínez, A. M. (2011). Human resource management in entrepreneurial firms: a literature review. International Journal of Manpower, 32(1), 14–33. https://doi.org/10.1108/01437721111121206

Deng, H.-T., Chi, L.-C., Teng, N.-Y., Tang, T.-C., & Chen, C.-L. (2013). Influence of Financial Literacy of Teachers on Financial Education Teaching in Elementary Schools. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning. https://doi.org/10.7763/IJEEEE.2013.V3.195

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. . (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87–95. https://doi.org/10.1119/1742-6596/1013/1/013248

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal Of Education And Digital Learning (Ijedl), 1(2), 49–54. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.47353/Ijedl.V1i2.10

Hidayat, M. C., & Syam, A. R. (2020). Urgensitas perencanaan strategis dan pengelolaan sumber daya manusia madrasah era revolusi industri 4.0. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2100

Husnul, N. R. I., & Retnawati, H. (2017). Manajemen kelas dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 189. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.15655

Isnaeni, S. A. & F. (2019). Penyuluhan Peran Santri dalam Menjawab Tantangan Dakwah di Era Digital. Jurnal Loyalitas Sosial, 1(2). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.32493/JLS.V1i2.P104-113.

Jack, H. (2009). The Meaning Of Scientific Literacy. International Journal Of Environmental & Science Educational, 4 (3), 144–150. https://doi.org/17.1515/9781900837458.112

Kristiawan, M. (2015). A Model Of Educational Character In High School Al-Istiqamah Simpang Empat, West Pasaman, West Sumatera. Research Journal Of Education, 1(2), 15–20. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/2q3we

Kurniawan, M. I. (2023). Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan Mahasiswa PGSD Universitas Muhamadiyah Sidoarjo, Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.26819

Llanto, G. (2015). Financial Inclusion, Education, and Regulation in the Philippines. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2672722

M. Firdaus Tsani, Thijanul Aroby, Prata Vitha Maysha Rado, & M. I. A. (2023). Strategi Rekrutmen Dan Seleksi Di Era VUCA. Jurnal Riset Manajemen, 1(4), 01–10. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jurma.v1i4.979

M. Shammot, M. (2014). The Role of Human Resources Management Practices Represented by Employee’s Recruitment and Training and Motivating in Realization Competitive Advantage. International Business Research, 7(4). https://doi.org/10.5539/ibr.v7n4p55

Maria, R., & Hadiyanto, H. (2021). Urgensi Perencanaan Strategis dalam Meningkatkan Pengembangan dan Mutu Pendidikan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2012–2024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.742

Mistiani, W. (2019). PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(1), 171–186. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol7.Iss1.38

Muali, C., & Hadi, M. S. (2023). Menejemen Strategi Pondok Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Karakter Nasionalis Santri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2860–2870. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1994

Muliani, Anisah., et al. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. 1(2), 87–92. https://doi.org/http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Nadelman, R., McGee, R., Khan, A., Gonçalves, E., Fox, J., Burge, R., Aremu, F. A., & Anderson, C. (2023). International aid actions for accountability: Identifying interaction effects between programmes. Development Policy Review, 41(S1). https://doi.org/10.1111/dpr.12680

Naution, A. A. (2018). Manajemen Strategik Dalam Pendidikan. Kalam Mulia, 8(9), 1–58. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7229525.

Nugraha, U. (2018). Strategy to Accelerate Financial Literacy Rate in Indonesia: Best Practices from Selected Countries. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 2(1). https://doi.org/10.36574/jpp.v2i1.33

Nurmadiansyah, N. D. (2016). Manajemen Pendidikan Pesantren: Suatu Upaya Memajukan Tradisi. 2016, 2(1), 95–115. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.14421/Jmd.2016.%25x

Rahman, S. A., & Husin, H. (2022). Strategi Pondok Pesantren dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 1829–1836. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2371

Sabri, M. F., & Macdonald, M. (2010). Savings Behavior And Financial Problems Among College Students: The Role Of Financial Literacy In Malaysia, Cross-Cultural Communication. Crosscultural Communication, 6(3), P103-110. https://doi.org/10.1515/9781400837458.992

Salma, A., & M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2), 122–127. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V7i2.17555

Syoviana, E. (2021). Implementasi Perencanaan Strategis Organisasi Dalam Rangka Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Sakinah, 3(2), 12–17. https://doi.org///Www.Jurnal.Stitnu-Sadhar.Ac.Id/Index.Php/Js/Article/View/72

Utami. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum. Merdeka. Tarbawi, Vol.5, No., Hal.130–138. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “Missing” Family Of Classical Orthogonal Polynomials. In Journal Of Physics A: Mathematical And Theoretical, Vol. 44(Issue 8)). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.1088/1751-8113/44/8/0852.

Wandasari, Y. (2017). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SEBAGAI PEMBENTUK PENDIDIKAN BERKARAKTER. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Wijayanti, A., Fajriyah, K., & Priyanto, W. (2020). Implementation of Saintific Approach Based on STEM Education to Increase Scientific Literacy. Unnes Science Education Journal, 9(2), 84–90. https://doi.org/10.15294/usej.v9i2.39285

Wiratman, A., et al. (2019). The Effect Of Activity Sheet Based On Outdoor Learning On Student’s Science Process Skills. In Journal Of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/101088/1742-6596/1157/2/022007

Wulandari, W. (2023). BUDAYA LITERASI PESANTREN DALAM KARYA SASTRA. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(1), 186–196. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1664

Yeager, D. S., & Walton, G. M. (2011). Social-Psychological Interventions in Education. Review of Educational Research, 81(2), 267–301. https://doi.org/10.3102/0034654311405999

Yulianto, B., Jannah, F., Nurhidayah, M., & Asteria, P. (2018). The Implementation of School Literacy Movement in Elementary School. Proceedings of the 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017). https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.12

Zahrudin., et al. (2021). Policy Analysis Of Implementation Of Minimum Competency Assessment As An Effort To Improve Reading Literacy Of Students In Schools. Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i1.3925

Zainullah, & Sayyi, A. (2019). Dinamika Pendidikan Islam Multikultural Perspektif Tradisi dan Perkembangan Pesantren di Indonesia. Fikrotuna; Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 9(1), 1137–1159. https://doi.org/10.32806/Jf.V9i2.3489.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Yanti, E. . (2024). Strategi Pesantren Dalam Meningkatkan Literasi Santri. Tebuireng: Journal of Islamic Studies and Society, 5(1), 98–119. https://doi.org/10.33752/tjiss.v5i1.6652