KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM PUISI “BAGAIMANA” KARYA KH. MUSTHOFA BISRI DENGAN PERSPEKTIF TEORI IAN WATT

Authors

  • Owen Nurcholis Majid Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

Sosiologi Sastra, Perspektif Teori, Mustofa Bisri

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan hubungan antara sastra dengan unsur-unsur sosial, khususnya fenomena mental illness dengan berlandaskan pada pendekatan sosiologi sastra Ian Watt. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra Ian Watt dan metode deskriptif kualitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian puisi berjudul Bagaimana karya KH. Mustofa Bisri. Pendekatan sosiologi sastra Ian Watt dipilih berdasarkan pada pertimbangan mengenai aspek-aspek yang ada dalam teori tersebut lebih efektif dan efisien serta mampu melihat hubungan yang timbal balik yang tidak dapat dipisahkan antara sastrawan, sastra, dan masyarakat. Hasil temuan pada penelitian ini yaitu, Pertama, dalam konteks sosial pengarang, puisi Bagaimana mempresentasikan fenomena dalam masyarakat yang menjadi bagian dari fragmen penting dalam karya sastra puisi Bagaimana digambarkan dengan detail. Pengarang memiliki pengetahuan yang lengkap tentang fenomena mental ilnes masyarakat. Kedua, cerminan masyarakat mengenai fenomena sosial berupa perilaku tidak baik yang terjadi di lingkungan keluarga tokoh, kasus bullying di sekolah, dan ketidakadilan, dengan sajian fakta pendukung dari cerminan masyarakat tersebut. Ketiga, dalam ranah fungsi sosialnya, puisi Bagaimana berupaya memberika pemahaman tentang pentingnya mental illness bagi masyarakat. Khususnya generasi muda yang mengalami dampak atau kecemasan yang berasal dari lingkungan ataupun didikan orangtuanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-15

How to Cite

Owen Nurcholis Majid. (2024). KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM PUISI “BAGAIMANA” KARYA KH. MUSTHOFA BISRI DENGAN PERSPEKTIF TEORI IAN WATT. Prosiding Seminar Nasioal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senapastra), 2, 24–32. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/Senapastra/article/view/8334

Issue

Section

Articles