Pola Edukasi Sikap Religius dan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Program Pembiasaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang

Authors

  • Iva Inayatul Ilahiyah Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

Pola Edukasi, Sikap Religius, Sikap Sosial

Abstract

Abstract

To print and give birth to a child who has a good personality requires quality character education. Character education can be interpreted as a human effort in instilling good values and morals in students. Within the scope of the madrasah which is characterized by its religious characteristics. So it must be able to give birth to generations who have an Islamic attitude and also have good social attitudes so that they can be seen as having commendable morals in society. Social attitude is also a determining factor of one's personal qualities. So in instilling good religious attitudes and social ethics to students, MAN 1 Jombang carries out a religious habituation program that can be comprehensively beneficial from various aspects. This study aims to gather information about educational patterns of religious attitudes and social attitudes of students through the religious habituation program at MAN 1 Jombang. The method used by researchers is a qualitative method, namely going directly to the research background at MAN 1 Jombang. In collecting data the researchers used interview, observation, and documentation techniques. Data analysis methods used include data collection, data reduction, data presentation, verification, and analysis of data validity by triangulation. Through this research, the results show that in instilling religious character and social ethics in students, the most appropriate method is religious habituation.

Keywords: Educational Patterns, Religious Attitudes, Social Attitudes, Religious Habits.

 

Abstrak

Untuk mencetak maupun melahirkan seorang anak yang memiliki kepribadian yang baik membutuhkan pendidikan karakter yang berkualitas. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai usaha manusia dalam menanamkan nilai dan moral yang baik kepada peserta didik. Dalam ruang lingkup madrasah yang berciri khas keagamaannya. Maka harus mampu melahirkan generasi-generasi yang mempunyai sikap islami dan juga bersikap sosial yang baik untuk dapat dipandang bermoral terpuji di lingkungan masyarakat. Sikap sosial juga merupakan faktor penentu kualitas pribadi seseorang. Maka dalam menanamkan sikap religius dan etika sosial yang baik kepada peserta didik MAN 1 Jombang mengusung program pembiasaan keagamaan yang dapat bermanfaat secara komprehensif dari berbagai aspek. Penelitian ini mempunyai tujuan menggali informasi tentang pola edukasi sikap religius dan sikap sosial peserta didik melalui program pembiasaan keagamaan di MAN 1 Jombang. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yaitu terjun langsung ke latar penelitian di MAN 1 Jombang. Dalam mengumpulkan data peneliti penggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi, dan analisis keabsahan data dengan triangulasi. Melalui penelitian ini dapat memeroleh hasil bahwa dalam menanamkan karakter religious dan etika social peserta didik metode yang sangat tepat adalah dengan pembiasaan keagamaan.

Kata Kunci: Pola Edukasi, Sikap Religius, Sikap Sosial, Pembiasaan Keagamaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Iva Inayatul Ilahiyah. (2023). Pola Edukasi Sikap Religius dan Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Program Pembiasaan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4828