IMPLEMENTASI SOFTWARE MAPLE PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN DAN KONSEP DASAR MATEMATIKA

Authors

  • Iesyah Rodliyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Novia Dwi Rahmawati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy'ari

Keywords:

Hasil Belajar, MAPLE, Pendidikan dan Konsep Dasar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan Software Maple terhadap hasil belajar mahasiswa yang mengampu mata kuliah persamaan differensial biasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode kuantitatif. Populasinya merupakan seluruh mahasiswa prodi pendidikan guru sekolah dasar di Universitas Hasyim Asy’ari dengan sampel 23 mahasiswa yang mengampu mata kuliah pendidikan dan konsep dasar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan juga angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan juga uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui keefektifan Software Maple terhadap hasil belajar. Selain itu, hasil angket respon para mahasiswa dianalisis menggunakan persentase hitung berdasarkan hasil rata-rata. Berdasarkan analisis data yang sudah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Software Maple selama pelaksanaan perkuliahan mata kuliah persamaan differensial biasa efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, selain itu para mahasiswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Software Maple selama perkuliahan berlangsung.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, MAPLE , Pendidikan dan Konsep Dasar Matematika

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of using Maple Software on student learning outcomes who teach ordinary differential equations courses. This research is an experimental research that uses quantitative methods. The population is all students of the primary school teacher education study program at Hasyim Asy'ari University with a sample of 23 students who teach education courses and basic mathematical concepts. Data collection techniques using the test method and also a questionnaire. The data analysis technique used is normality test and also hypothesis testing using t-test to determine the effectiveness of Maple Software on learning outcomes. In addition, the results of the students' response questionnaires were analyzed using a calculated percentage based on the average result. Based on the data analysis that has been carried out, it was concluded that the use of Maple Software during the implementation of the ordinary differential equation course was effectively used to improve student learning outcomes, besides that students gave a positive response to the use of Maple Software during the lecture.

 

Keywords: Learning Outcomes, MAPLE, Basic Mathematics Education and Concepts

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Iesyah Rodliyah, Novia Dwi Rahmawati, & Claudya Zahrani Susilo. (2023). IMPLEMENTASI SOFTWARE MAPLE PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN DAN KONSEP DASAR MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/4819