KEPRAKTISAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA
Keywords:
E-modul, Flipbook, Logika MatematikaAbstract
The ability to think mathematically is needed to determine the truth of a mathematical argument. Arguments which are a set of premises and conclusions are the material studied in the Introduction to Basic Mathematics course. This research is part of a large research type of research and development (Research and Development/R&D). The purpose of this study is to determine the level of practicality of the e-module based on the material for drawing conclusions. The subjects in this study were 10 first semester students of the Mathematics Education Study Program. Research data was collected using a questionnaire. The data analysis technique was carried out in a qualitative descriptive manner. The results of the analysis show that student responses to the use of flipbook-based e-modules exceed 75%, namely reaching 91.11%, which means that flipbook-based e-modules meet practical criteria.
Keywords: E-Module, Flipbook, Mathematical logic
Abstrak
Kemampuan berpikir matematis diperlukan untuk menentukan kebenaran dari suatu argumen matematika. Argumen yang merupakan sekumpulan premis dan kesimpulannya merupakan materi yang dipelajari dalam mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian besar yang berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepraktisan e-modul berbasis pada materi penarikan simpulan. Subjek pada penelitian ini adalah 10 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika semester satu. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap penggunakan e-modul berbasis flipbook melebihi 75% yaitu mencapai 91,11% yang berarti bahwa e-modul berbasis flipbook memenuhi kriteria praktis.
Kata kunci: E-modul, Flipbook, Logika Matematika