PKM MENEJEMEN MARKETING UMKM

Penulis

  • Maskhurin Fajarina Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Elisa Nurul Laili
  • Fani Indrawan
  • Pipit Ertika Daristin
  • Ariga Bahroodin
  • Sholihul Ansori
  • Lik Anah
  • Afizan Amer

Kata Kunci:

manajement, Marketing, potential consumers, sustainability

Abstrak

Marketing sangatlah penting dilakukan bagi para wirausaha untuk menarik para konsumen sehingga meningkatkan hasil penjualan. Ilmu tentang branding dan marketing tidaklah mudah, tidak cukup hanya sekali atau dua kali akan tetapi perlu dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu pemasaran juga bukan sekedar menawarkan ke calon konsumen, akan tetapi membutuhkan manajemen untuk memaksimalkan hasil peasaran. Oleh karena itu pelatihan dan pendampingan masyarkat terkait managemen marketing ini khususnya bagi para wiraussaha pemula sangatlah penting. Pengabdian kepada Masyarakat tentang “marketing” ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pendampingan tentang “ manajemen marketing” kepada UMKM di Unhasy Jombang Indonesia dan UiTM Malaysia dan masyarakat yang ada disekitanya. Peserta PKM ini terdiri dari usaha mikro di Unhasy dan sekitarnya dan UiTM dan sekitrnya. Dengan metode Seminar dan Pendampingan. Hasil dari PKM ini adalah mitra mendapatkan bimbingan dan pendampinga secara berkelanjutan dalam melakukan manajemen marketing untuk meningkatkan kualitas marketing dan meningkatkan hasil penjualan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Fajarina, M., Nurul Laili, E., Indrawan, F., Ertika Daristin, P., Bahroodin, A., Ansori, S., Anah, L., & Amer, A. (2024). PKM MENEJEMEN MARKETING UMKM . ABIDUMASY, 12–17. Diambil dari https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ABIDUMASY/article/view/8418