MENGEMBANGKAN UMKM KELOMPOK WANITA TANI DALAM TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI APLIKASI SHOPEE

Penulis

  • Muthoharoh Muthoharoh UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Amelia Putri
  • Riana UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Yuliany
  • Muhammad Husain Al-Idrus
  • Farhan Mubarok

DOI:

https://doi.org/10.33752/abidumasy.v6i01.7472

Kata Kunci:

transformasi digital, Pelatihan, Pemasaran, social media

Abstrak

Dengan transformasi digital, UMKM global harus mengadopsi teknologi, terutama pemasaran digital. Namun, beberapa UMKM tidak memanfaatkannya sepenuhnya. Di Indonesia, pertumbuhan UMKM dihalangi oleh kekurangan sumber daya dan keterampilan pemasaran yang buruk. Kinerja dipengaruhi oleh pemasaran digital dan kapabilitas pasar, sementara rebranding merupakan strategi penting dalam pemasaran digital. Terbukti bahwa digital marketing melalui media seperti web, shopee, tiktok dan Instagram sangat penting untuk pertumbuhan bisnis kecil dan menengah (UMKM). Pelatihan ini dirancang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok wanita tani Ratu Arimbi di Desa SusukanTonggoh, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon. Anggota kelompok KWT Ratu Arimbi menghadapi kesulitan dalam memasarkan produk olahan jinten ubi ungu selama pandemi Covid-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-26

Cara Mengutip

Muthoharoh, M., Putri, A., Riana, Yuliany, Husain Al-Idrus, M., & Mubarok, F. (2025). MENGEMBANGKAN UMKM KELOMPOK WANITA TANI DALAM TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI APLIKASI SHOPEE. ABIDUMASY, 6(01), 29–36. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v6i01.7472