MODERNISASI PENGOLAHAN PANGAN LOKAL HASIL POTENSI DESA KROMONG DAN RANCANGAN STRATEGI PEMASARANNYA
DOI:
https://doi.org/10.33752/abidumasy.v1i1.655Keywords:
modernisasi, pangan, potensi desa, pemasaranAbstract
Fokus pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pada pengembangan hasil potensi desa khususnya pertanian melalui kegiatan pengolahan pangan modern serta menyampaikan rencana pemasarannya. Tujuannya yaitu untuk memberikan edukasi berupa pelatihan tentang modernisasi pangan olahan berbahan dasar jagung, memberikan pengetahuan pengolahan pangan modern dan memberikan gambaran pengetahuan tentang design pemasaran produk. Metode pengabdian yang digunakan yaitu berupa pelatihan dan kegiatan lapangan dengan peserta yang
terdiri dari masyarakat desa Kromong. Hasil pengabdian kepada masyarakat yag telah dilakukan ini yaitu masyarakat memiliki wawasan dalam modernisasi olahan pangan berbahan dasar jagung untuk diolah menjadi beberapa olahan pangan. Hasil yang diperoleh melaui kegiatan ini yaitu masyarakat sangat antusias dan memiliki gambaran rencana pengembangan usaha melalui modernisasi pangan dengan memanfaatkan hasil potensi desa setempat. Rencana pemasaran yang bisa disampaikan yaitu melalui pemasaran online dan offline