MEMBANGUN BUDAYA BELAJAR MELALUI KOMUNITAS BELAJAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5894Kata Kunci:
Budaya Belajar,, Komunitas Belajar,, Hasil Belajar Peserta DidikAbstrak
Kurangnya pemahaman tentang Komunitas Belajar, khususnya bagaimana membangun dan mengoptimalkan komunitas belajar di sekolah SDN Wringrejo IV menjadi salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru SDN Wringinrejo IV untuk dapat membangun budaya belajar melalui komunitas belajar dan peningkatan hasil belajar peserta didik dan juga meningkatkan pemahaman tentang Komunitas Belajar terutama tentang cara membangun dan mengoptimalkan Komunitas Belajar untuk meningkatkan kemampuan guru terutama terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa. Metode PkM ini ialah pelatihan lokakarya digunakan untuk membantu membangun komunitas belajar dan mengoptimalkannya di sekolah mitra. Tujuan dari metode ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dengan berbagi informasi dan berdiskusi tentang hasil belajar. Dengan menerapkan PKM, mitra belajar tahu tentang pentingnya Komunitas Belajar di sekolah, terutama tentang bagaimana membangun dan optimalisasi Komunitas Belajar di sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru dan budaya belajar di sekolah, dengan 100% kehadiran peserta dan 87% pemahaman materi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Evi Rizqi Salamah, Zuni Eka Tiyas Rifayanti, Wulan Trisnawaty, Hawwin Fitra Raharja
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.