PELATIHAN PTK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH DI SMKN 1 MOJOKERTO

Penulis

  • Abdiyah Amudi Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Andajani
  • Arie Wardhono
  • Bambang Sabariman

DOI:

https://doi.org/10.33752/abidumasy.v4i02.5102

Kata Kunci:

pelatihan, PTK dan guru

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Pembuatan PTK membutuhkan waktu yang lama karena harus mengimplementasikan tindakan dan variabel yang telah dirancang untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan pemahanam guru tentang PTK sebagai upaya meningkatkan pemahaman dalam penyusunan karya ilmiah bagi guru SMKN 1 Mojokerto. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan memberikan pemahaman teoritik dan pelatihan praktik untuk meningkatkan pemahamam dan keterampilan guru di SMK Negeri 1 Mojokerto dalam pembuatan PTK.

Dari kegiatan PKM ini dapat disimpulan bahwa kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) terbukti dapat membantu peserta pelatihan untuk lebih dapat memahami materi-materi terkait dengan sistematika proposal dan laporan penelitian, konsepsi dan penyusunan proposal serta laporan PTK. Dari hasil analisis diperoleh hasil 80,45% yang berada pada kategori positif yang artinya terdapat pemahaman para guru tentang profesinya, terutama dalam hal pemahaman penulisan/ pembuatan/ pelaksanaan PTK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-10-30