IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURE DENGAN METODE VSM UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PROSES PRODUKSI KAPAL (Studi Kasus PT. PAL Divisi Kaprang)

Authors

  • Nur Muflihah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/reaktom.v2i1.150

Abstract

PT. PAL Indonesia (Persero) merupakan salah satu perusahaan pembuat kapal yang sedang mengerjakan proyek kapal KCR-60 meter. Pada proses produksi di perusahaan masih ditemukan beberapa waste, Permasalahan yang sering terjadi adalah perusahaan tidak bisa menyerahkan produk kapal kepada owner sesuai schedule / kontrak sehingga mengganggu jalannya produksi kapal, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi proses produksi melalui pendekatan konsep lean manufacturing, untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi waste pada produk dilakukan value stream mapping yaitu pemetaan melalui aliran nilai secara mendetail berdasarkan konsep lean manufacturing. Identifikasi waste diawali dengan penggambaran current state map, lalu dilakukan analisis waste ke dalam kategori 7 waste (Liker,2006). Setelah itu dilakukan analisis akar penyebab timbulnya waste menggunakan root cause analysis. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa 53% merupakan value adding activity, 35% merupakan necessary but non value adding activity, dan 12% merupakan non value adding activity. Paretto’s Law digunakan untuk mengetahui bahwa 23.8% waste yang menjadi penyebab paling kritis adalah defect dengan kontribusi 80%. Kata kunci: Lean Manufacturing, Value Stream Mapping, Paretto’s Law.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-22

How to Cite

Muflihah, N. (2017). IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURE DENGAN METODE VSM UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PROSES PRODUKSI KAPAL (Studi Kasus PT. PAL Divisi Kaprang). Reaktom : Rekayasa Keteknikan Dan Optimasi, 2(1). https://doi.org/10.33752/reaktom.v2i1.150

Issue

Section

Articles