STRATEGI DAKWAH YAYASAN AIR KITA MELALUI PEMANFAATAN AIR HUJAN UNTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.33752/.v2i2.4719Keywords:
Peimanfaatan Air Huijan, Peimbeirdayaan Masyarakat, Strateigi Dakwah, Utilization of Rainwater, Community Empowerment, Da'wah StrategyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Yayasan Air Kita memberdayakan masyarakat Winong Timur, Mojoagung, Jombang melalui pemanfaatan air hujan, serta strategi dakwah Yayasan Air Kita melalui pemanfaatan air hujan untuk pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode ini bertujuan untuk memahami fenomena yang sedang terjadi oleh subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Behaviorisme dan teori Dakwah Pemberdayaan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan masyarakat dalam berbagai aspek, seperti ekonomi, pendidikan, sosial, spiritual, kesehatan, dan perubahan perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung. Efek atau respons yang didapat Yayasan dari masyarakat berupa respons positif dan negatif. Respons positifnya antara lain masyarakat mau ikut andil dalam kegiatan di Yayasan Air Kita. Sedangkan respons negatifnya berupa masyarakat meragukan Yayasan Air Kita atau merendahkan Yayasan Air Kita.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sazqia Al Firdausi, Robi’ah Machtumah Malayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.