Manajemen Kurikulum di Sekolah Menengah Atas Boarding School
Keywords:
Manajemen, KurikulumAbstract
Pembelajaran sangat bernilai guna membentuk kepribadian anak yang berwawasan luas. Cocok dengan undang- undang tahun 2003 tentang Setandar Nasional Pembelajaran. Salah satu aspek yang mempengaruhi terhadap keberhasilan pembelajaran nasional merupakan aspek kurikulum. supaya kurikulum itu berjalan dengan baik hingga wajib terdapat pengelolaan yang sistematis serta terencana dengan baik, yang dikoordinir oleh pihak pimpinan lembaga.
Ada tiga Permasalahan Yang dibahas dalam Penelitian ini: 1. Bagaimana Perencanaan kurikulum di SMA An-Naja Boarding School Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat? 2. Bagaimana pengorganisasian kurikulum di SMA An-Naja Boarding School Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat? 3. Bagaimana evaluasi kurikulum di SMA An-Naja Boarding School Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat?
Riset ini tercantum riset lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan informasi. Penulis memakai tata cara wawancara, observasi, serta dokumenter, serta metode analisis informasi memakai metode Triangulasi, Pengamatan yang tekun serta objektif pengamatan, serta Pengecekan sejawat lewat dialog.
Downloads
References
Bulhayat, dkk. (2022). Pengantar Manajemen Pendidikan Islam. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Hamalik, Oemar. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arifin, Zainal. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasbi, Ibrahim. (2017). Manajemen Kurikulum: sebuah kajian teoritis. Jurnal Idaarah. Vol.1No.2.H318-330.https://www.neliti.com/id/publications/337981/manajemen kurikulum-sebuah- kajian-teoritis
PP No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan Indonesia. Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suwandi & Khoirul Umam. (2021). The Role of Leadership in Forming Organizational Culture in Islamic Education Institutions. Jurnal EVALUASI. Vol. 5, No. 2, 240-254. Retrieved from https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/732