Pengaruh Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen Mixue pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) UNWAHA
DOI:
https://doi.org/10.33752/jies.v5i2.6523Keywords:
Sertifikasi halal, minat beliAbstract
Sertifikasi halal penting bagi konsumen Muslim karena memberikan jaminan bahwa mereka dapat memilih makanan yang baik bagi mereka dan mematuhi aturan agama. Mengetahui kualitas makanan halal berdasarkan label halal yang tertera pada produk tentunya akan mendatangkan minat yang besar bagi konsumen ketika memutuskan untuk membeli dan mengkonsumsi makanan halal. Ice Cream Mixue dibuka pertama kali pada tahun 2020, dan dengan cepat menjadi topik hangat karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang tidak mengecewakan. Alhasil, es krim tersebut viral di media sosial, hingga mahasiswa UNWAHA khususnya Jurusan Agama Islam pun tertarik dan ingin membelinya.Tingkat pembeliannya sangat tinggi dibandingkan dengan makanan dan minuman lainya, namun terdapat beberapa perdebatan mengenai kehalalanya.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi halal terhadap niat beli konsumen es krim mixue di kalangan mahasiswa FAI (Fakultas Agama Islam) UNWAHA. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Regresi linier sederhana digunakan untuk analisis data.Teknik pengambilan sampel non-probabilitas, yaitu pengambilan sampel acak, digunakan untuk pengambilan sampel,terdapat 94 responden yang dipilih .Dari hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 7,498 > 2,279 dan nilai signifikansi < 0,000. 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ini H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh antara sertifikasi halal terhadap minat beli konsumen es krim mixue pada mahasiswa FAI (Fakultas Agama Islam) UNWAHA.
Downloads
References
ALzhalral, S., Faltkhul Hidalyalt, M., Palraldibal, N. P., ALnggralini, D. AL., Syalrifal, H., ALdelial, AL., ALryal, B., Soehalrto, Z., Oktialni, M., Nalfsyal, T., & Permaltal, P. (2023). Pengalruh Konten TikTok Terhaldalp Keputusaln Pembelialn Produk Mixue paldal Malhalsiswal Universitals Djualndal. Kalrimalh Taluhid, 2(1), 238–248. https://ojs.unidal.alc.id/kalrimalhtaluhid/alrticle/view/7730
Halrminingtyals, R., & Novialnal, R. (2021). Pengalruh Sertifikalsi Hallall, Kesaldalraln Hallall, daln Balhaln Malkalnaln Terhaldalp Minalt. Jurnall Ekonomikal Daln Bisnis, 8(2), 103–112. https://journall.feb-uniss.alc.id/home/alrticle/view/88
Rofiudin, M., Shalbry, M., & Junialrsal, N. (2022). Pengalruh Halrgal Daln Fitur Lalyalnaln Terhaldalp Minalt Beli Konsumen Tokopedial Palscal Covid 19 Di Mallalng Ralyal. Jurnall Ilmu-Ilmu Sosiall, 19(2), 2022.
Sri, K., & Jallil, AL. (2019). The Effect of Hallall Certificaltion on Public Interest in Buying Hallall Lalbeled Food Products in Kuallal Tungkall. ALl-Mizaln : Jurnall Ekonomi Syalrialh, 2(1), 21–43.
Azhara, S., Fatkhul Hidayat, M., Paradiba, N. P., Anggraini, D. A., Syarifa, H., Adelia, A., Arya, B., Soeharto, Z., Oktiani, M., Nafsya, T., & Permata, P. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), 238–248.
Efendi, M. N., K, K. C. Y., Hanifuddin, I., & Prasetiyawan, A. A. (2023). Omnibus Law Sentiment and Its Impact on The Halal Certification Program in Indonesia. Justicia Islamica, 20(1), Article 1. https://doi.org/10.21154/justicia.v20i1.5829
Fitriana, D., K, K. C. Y., & Sopingi, I. (2024). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Financing To Deposit Ratio Terhadap Profitability Bank Syariah. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 10(1), Article 1. https://doi.org/10.35384/jemp.v10i1.485
Harminingtyas, R., & Noviana, R. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 103–112.
K, K. C. Y., Efendi, M. N., & Hidayati, A. (2023). Grand Design of Village-Based Islamic Economic Development Planning in an Effort to Achieve Sustainable Development of Indonesia Gold 2045 in Ngancar village, Plaosan district, Magetan Regency. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 199–210. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/JTS/article/view/10868
K, K. C. Y., & Musfiroh, A. (2024). Risk Perception Analyst and Investment Literacy Level in the Decision to Become an Investor in the Capital Market. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.6148
Sri, K., & Jalil, A. (2019). The Effect of Halal Certification on Public Interest in Buying Halal Labeled Food Products in Kuala Tungkal. Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 21–43.
Zaini Miftach. (2018). 済無No Title No Title No Title.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ashlihah, Rois Hasyim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.