Pengaruh Gaya Hidup, Social Influence, dan Motivasi Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepaylater di Kabupaten Ngawi

Authors

  • Syayyidati Nur Azizah - Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Candra Febrilyantri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.33752/jies.v5i2.6322

Keywords:

shopeepaylater, perilaku konsumtif, gaya hidup, social influence, motivasi belanja

Abstract

Pada era modern saat ini masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan komunikasi memberikan kemudahan serta manfaat bagi pengguna yang tidak terlepas dari adanya kekurangan maupun kelebihan, era ini sering disebut dengan era digital yang menjadi latar belakang terwujudnya sistem pembayaran online. Sistem pembayaran yang sedang berkembang di indonesia yaitu financial technology (fintech)Salah satu yang menarik dari inovasi fintech yang baru-baru ini muncul, sedang banyak diperbincangkan adalah penerapan sistem bayar nanti atau paylater. Perusahaan aplikasi yang menyediakan fitur paylater salah satunya adalah shopee yang merupakan marketplace atau tempat jual beli online yang banyak diminati dan dapat diakses dengan mudah melalui gadget pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial maupun simultan gaya hidup, social influence, dan motivasi belanja terhadap perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan pengambilan sampel dengan metode simple random sampling sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Variabel independen yang digunakan meliputi gaya hidup. Social influence, dan motivasi belanja. Sedangkan variabel dependen meliputi perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater. Data diuji statistik menggunakan aplikasi SPSS Statistic. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linier berganda, uji R square, uji F, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. Social influence berpengaruh signifikan tehadap perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. Motivasi belanja berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi. Gaya hidup, social influence, dan motivasi belanja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumtif penguna shopeepaylater di Kabupaten Ngawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astri Rumondang, dkk, Fintech: Inovasi Sistem Keuangan di Era Digital (Medan:Yayasan Kita Menulis, 2019)

Irvindya, “Inilah 5 Fakta Tentang Cicilan Shopee Paylater Yang Perlu Kamu Ketahui”, Shopee.co.id, diakses pada 18 September 2023, https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/fakta-tentang-cicilan-shopeepaylater-yang-perlu-kamu-ketahui/

Wikipedia, “Shopee”, Wikipedia.org, diakses pasa tanggal 18 september 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee

Jati, W. Less Cash Society: Menakar Konsumerisme Baru Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 2015

Anggreini, R., & Maryanti, S. Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, 2014.

Aprilia & Hartoyo. “Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Lampung)” dalam Jurnal sosiologi, Vol. 15, No. 1: 2014

Sumartono. Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi

Kotler dan keller, Prinsip-Prissip Pemasaran, Edisi 12 (Jakarta: Erlangga, 2008)

Sumarwan, Ujang. “Perilaku konsumen Teori dan penerapannya dalam Pemasaran)”, Bogor: Ghaila Indonesia, 2011

Vahdat, A, et al, “Acceptance Model, Social Factors and Purchase Intention”, Australasian Marketing Journal (AMJ), 2020

Kotler dan Keller, “Marketing Management”, 2016

Muhammad Afif, Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta 2012), 12

Wiratna Sujarweni, Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi (Yogyakarta: Pustaka baru press, 2015)

Imam Machali, Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitataif (Yogyakarta: MPI, 2016)

Tony Wijaya, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS (Yogyakarta: Pustaka baru press, 2015)

Fitriana, D., K, K. C. Y., & Sopingi, I. (2024). Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Financing To Deposit Ratio Terhadap Profitability Bank Syariah. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 10(1), Article 1. https://doi.org/10.35384/jemp.v10i1.485

K, K. C. Y., Efendi, M. N., & Hidayati, A. (2023). Grand Design of Village-Based Islamic Economic Development Planning in an Effort to Achieve Sustainable Development of Indonesia Gold 2045 in Ngancar village, Plaosan district, Magetan Regency. Proceedings of Femfest International Conference on Economics, Management, and Business, 1, 199–210. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/JTS/article/view/10868

K, K. C. Y., & Musfiroh, A. (2024). Risk Perception Analyst and Investment Literacy Level in the Decision to Become an Investor in the Capital Market. JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.33752/jies.v5i1.6148

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

-, S. N. A., & Candra Febrilyantri. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Social Influence, dan Motivasi Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepaylater di Kabupaten Ngawi . JIES : Journal of Islamic Economics Studies, 5(2), 95–104. https://doi.org/10.33752/jies.v5i2.6322

Issue

Section

Articles