ERA SOCIETY 5.0: SUATU TANTANGAN BAGI PENDIDIKAN ISLAM KEKINIAN

Authors

  • Jumari Jumari Universitas Hasyim Asy'ari
  • Khoirul Umam Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3790

Keywords:

Society 5.0, Islamic Education, Challenges, Present

Abstract

Technological developments have an impact on all aspects of human life, including education. Apart from the era of the industrial revolution 4.0, the era of society 5.0 emerged. This requires education to deal with it. Islamic education as a part of education continues to strive in contemporary life to be able to face various challenges that arise. For this reason, how to formulate Islamic education efforts in the era of society 5.0. In this study using literature study by exploring the data based on the discussion becomes part of the data collection technique. This discussion examines the era of society 5.0 and the challenges to contemporary Islamic education. The results of this study: 1) The era of society 5.0 is an era that must be faced, 2) The challenges of contemporary Islamic education must be able to solve various problems through the ability to think critically and analytically, creatively and innovatively in various aspects of life, 3) Efforts that must be made in Islamic education in facing current challenges. Keywords: Society 5.0, Islamic Education, Challenges, Present

 

Abstrak

Perkembangan teknologi berdampak pada segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Terlepas dari era revolusi industri 4.0, muncul era masyarakat 5.0. Hal ini membutuhkan pendidikan untuk menghadapinya. Pendidikan Islam sebagai bagian dari pendidikan terus berupaya dalam kehidupan kontemporer untuk mampu menghadapi berbagai tantangan yang muncul. Untuk itu, bagaimana merumuskan upaya pendidikan Islam di era masyarakat 5.0. Dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan menggali data berdasarkan pembahasan yang menjadi bagian dari teknik pengumpulan data. Diskusi ini mengkaji era masyarakat 5.0 dan tantangan pendidikan Islam kontemporer. Hasil penelitian ini: 1) Era masyarakat 5.0 merupakan era yang harus dihadapi, 2) Tantangan pendidikan Islam kontemporer harus mampu memecahkan berbagai persoalan melalui kemampuan berpikir kritis dan analitis, kreatif dan inovatif dalam berbagai aspek kehidupan, 3) Upaya yang harus dilakukan pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan zaman.

Kata Kunci: Society 5.0, ppendidikan Islam, Tantangan, Kekinian

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jumari Jumari, Universitas Hasyim Asy'ari

Dosen

Khoirul Umam, Universitas Hasyim Asy'ari

Dosen

References

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara. 2008.
Dewey, John, Democracy and Education: An Introduction to The Philosophy of Education, New York: The Macmillan Company. 1964.
Fadjar, A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia. 1999. https://www.qureta.com/post/masyarakat-baru-5-o, di akses tanggal 10 Oktober 2019
Jalaludin, Psikologi Agama, Jakarta : Rajawali Pres. 2010.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam TInjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta : Bumi Aksara. 2009.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi; Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.
Manna’ Khalil al-Qat ṭt ṭan, Mabahis fi ‘Ulumil Qur’an, Terj. Mudzakir As,Studi Ilmu-Ilmu Alquran, Jakarta: PT. Pustaka Litera Antar Nusa. 2007.
Maryam Sajadi, Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh, The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect. (International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics. 2013.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004 Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, PT Bina Ilmu. 2004.
Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Gramedia Pratama. 2001
Polya, G. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press, 1973.
Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya. 1998.
Purwanto, Edy, Desain Teks Untuk Belajar “Pendekatan Pemecahan Masalah”. Jurnal IPS dan
Pengajarannya. 33 (2), 284. 1999
Rojko, Andreja, Industry 4.0 Concept: Background and Overview. ECPE European Center for Power Electronics e.V. Vol. 11. Nuremberg, Germany. 2017
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2010.
___________, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung : Remaja Rosddakarya. 2001.
Al Amin, Habibi. "Penciptaan Adam; Mendialogkan TafsiR Marah Labid dengan Teori Keadilan Gender." An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial 1.1 (2014): 17-44.
Al Amin, Habibi. "Tafsir Sufi Lata’ if al-Isyarat." SUHUF 9.1 (2016): 59-77.
Taufiqurrahman, Zaky Fajar, and Habibi Al Amin. "Desain Pembelajaran Literasi Kitab Kuning Melalui Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.2 (2021): 1467-1474.
Al Amin, Habibi. "Guardians Concept in Qur'an Perspective." Shakhsiyah Burhaniyah: Jurnal Penelitian Hukum Islam 6.1 (2021): 95-114.
Sadiyah, Meidatus, and Habibi Al Amin. "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Sepuluh Perintah Allah (Telaah Tafsir Surah Al-An’am dan Al-Isra’)." Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2022): 1-21.

Downloads

Published

2022-09-30