MERAWAT NILAI TRADISI KE-NU-AN PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN ASWAJA
DOI:
https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3788Keywords:
Existence of Aswaja subjects,, Preserving the values ​​of the NU's traditionAbstract
This study aims to determine how the existence of Aswaja subjects in preserving the traditional values ​​of the NU's in MAN Tambakberas Jombang. The existence of aswaja subjects referred to here is the existence of aswaja subjects which are carried out consciously, directed and continuously to introduce and instill Aswaja and NU's religious understanding to students, so that they know, believe and practice them in the sense of making them a life guide. personal, social, national and state. This research is a qualitative research. The subjects of this study were the Aswaja teachers and the students of MAN Tambakberas Jombang. The object of this research is Aswaja and NU's education which is carried out through guidance, teaching, training, and learning experiences. Data collection techniques in this study are observation, interviews, and documentation. The data analysis used in this research is descriptive qualitative data analysis.
Keywords: Existence of Aswaja subjects, Preserving the values ​​of the NU's tradition
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi mata pelajaran aswaja dalam melestarikan nilai-nilai tradisi ke-NU-an di MAN Tambakberas Jombang. Eksistensi mata pelajaran aswaja yang dimaksud disini adalah adanya mata pelajaran aswaja yang dilakukan secara sadar, terarah dan berkesinambungan untuk memperkenalkan dan menanamkan paham keagamaan Aswaja dan Ke-NU-an kepada peserta didik, agar mereka mengetahui, meyakini dan mengamalkannya dalam pengertian menjadikannya sebagai pedoman kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Aswaja dan para siswa MAN Tambakberas Jombang. Objek penelitian ini adalah pendidikan Aswaja dan ke-NU-an dilakukan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yg digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif.
Kata kunci : Eksistensi, mata pelajaran aswaja, nilai-nilai tradisi ke-NU-an
Downloads
References
Ansyur, Wasid, Biografi Kiai Ahmad Dahlan Ahyad Aktivis Pergerakan dan Pembela Ideologi Aswaja, Surabaya, Pustaka Idea, 2016.
Bagus, Lorens, Kamus Filsafat, Jakarta: Gramedia, 1996.
Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, Jakarta, LP3ES, 1982.
Fadeli, Soelaeman, Antologi NU, Surabaya: Khalista, 2012.
Harits, Busyairi, Islam NU, Surabaya, Khalista, 2010.
Hasan, Tholhah, Wawasan Umum Ahlussunnah Wal Jama’ah, Jakarta: Lantabora Press, 2006.
Hidayah, Nur, Redefinisi Ontologi Aswaja dalam Pendidikan Ma’arif Di Era Kontemporer, ISNU, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama, 2015.
Mannan, Abdul, Ahlussunnah wal Jama’ah Akidah Umat Islam Indonesia, Kediri: PP Al-Falah Ploso, 2012.
Al Amin, Habibi. "Penciptaan Adam; Mendialogkan TafsiR Marah Labid dengan Teori Keadilan Gender." An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial 1.1 (2014): 17-44.
Al Amin, Habibi. "Tafsir Sufi Lata’ if al-Isyarat." SUHUF 9.1 (2016): 59-77.
Taufiqurrahman, Zaky Fajar, and Habibi Al Amin. "Desain Pembelajaran Literasi Kitab Kuning Melalui Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.2 (2021): 1467-1474.
Al Amin, Habibi. "Guardians Concept in Qur'an Perspective." Shakhsiyah Burhaniyah: Jurnal Penelitian Hukum Islam 6.1 (2021): 95-114.
Sadiyah, Meidatus, and Habibi Al Amin. "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Sepuluh Perintah Allah (Telaah Tafsir Surah Al-An’am dan Al-Isra’)." Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2022): 1-21.