LIVING QUR’AN: KREATIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3786Keywords:
Living Qur’an, Kreativitas, pengembangan, pendidikan islamAbstract
The background of this research, creativity and talent in children need to be nurtured and developed. Because with their creativity and talents they can become creative individuals. So that the objectives of this study are: (1) To determine the efforts of teachers in developing student creativity in the subject of Islamic Religious Education. (2) To develop student creativity (3) To determine student supporting and inhibiting factors. This type of research is descriptive in this study, the author uses qualitative methods, with data collection techniques through observation, interview documentation
Keywords: Living Qur’an Creativity, development, islamic education
Abstrak
Latar belakang penelitian ini, Kreativitas dan bakat pada diri anak perlu dipupuk dan dikembangkan. Karena dengan kreativitas dan bakat yang dimilikinya itu mereka dapat menjadi pribadi-pribadi yang kreatif. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.(2) Untuk mengembangkan kreativitas belajaran siswa (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dokumentasi-dokumentasi.
Kata Kunci: Living Qur’an, Kreativitas, pengembangan, pendidikan islam
Downloads
References
Hamlik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar,. Jakarta: PT Bumi Askara
Beni Ahmad Saebani. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan R&D
Tanzeh Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian Yogyakarta: Teras
Lexy, J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif
Al Amin, Habibi. "Penciptaan Adam; Mendialogkan TafsiR Marah Labid dengan Teori Keadilan Gender." An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial 1.1 (2014): 17-44.
Al Amin, Habibi. "Tafsir Sufi Lata’ if al-Isyarat." SUHUF 9.1 (2016): 59-77.
Taufiqurrahman, Zaky Fajar, and Habibi Al Amin. "Desain Pembelajaran Literasi Kitab Kuning Melalui Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Islam." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.2 (2021): 1467-1474.
Al Amin, Habibi. "Guardians Concept in Qur'an Perspective." Shakhsiyah Burhaniyah: Jurnal Penelitian Hukum Islam 6.1 (2021): 95-114.
Sadiyah, Meidatus, and Habibi Al Amin. "Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Sepuluh Perintah Allah (Telaah Tafsir Surah Al-An’am dan Al-Isra’)." Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5.2 (2022): 1-21.