TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK BANK SYARI’AH INDONESIA PADA MASYARAKAT NON MUSLIM DI KCP DENPASAR RENON

THE LEVEL OF CUSTOMER SATISFACTION WITH BANK SYARI'AH INDONESIA PRODUCTS IN THE NON-MUSLIM COMMUNITY AT KCP DENPASAR RENON

Authors

  • Ahmad Faruq Musyaffa Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Abdullah Afif Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

Abstract

Artikel ini membahas mengenai tingkat kepuasan nasabah non muslim terhadap produk Bank Syari’ah Indonesia yang berlokasi di KCP Denpasar Renon, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Perbankan Syari’ah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan mampu menarik minat masyarakat non muslim. Metode penelitian menggunakan yuridis empiris, dengan menggunakan pendekatan sosio-legal research dan di analisis dengan menggunakan metode induktif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan data kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nasabah non muslim di KCP Denpasar Renon menyukai produk gadai dan investasi emas. Nasabah non muslim merasa produk yang ditawarkan oleh perbankan syari’ah tidak sesuai dengan kepercayaan dan nilai-nilai mereka. Oleh karena itu, pihak membuat sebuah inovasi yang dapat diterima oleh semua kalangan, baik muslim maupun non muslim.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-22

How to Cite

Musyaffa, A. F., & Afif, A. (2024). TINGKAT KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK BANK SYARI’AH INDONESIA PADA MASYARAKAT NON MUSLIM DI KCP DENPASAR RENON: THE LEVEL OF CUSTOMER SATISFACTION WITH BANK SYARI’AH INDONESIA PRODUCTS IN THE NON-MUSLIM COMMUNITY AT KCP DENPASAR RENON. Irtifaq : Jurnal Ilmu-Ilmu Syari’ah, 11(03), 60–67. Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/irtifaq/article/view/6479