ANALISIS PERAMALAN TIME SERIES UNTUK PENGELOLAAN PERMINTAAN DENGAN METODE ARIMA BOX-JENKINS (Studi Kasus di CV. TOMY BAKERY)
DOI:
https://doi.org/10.33752/invantri.v1i2.2322Keywords:
ARIMA Box-Jenkins, Peramalan, Pengelolaan Permintaan, Produk Roti, Time SeriesAbstract
Fluktuasi permintaan yang tinggi, menjadi masalah untuk perusahaan kecil maupun besar. Hal tersebut juga terjadi pada CV. Tomy Bakery sebagai produsen roti plemben (kering dan basah). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis peramalan penjualan roti dengan model ARIMA yang tepat pada roti kering dan basah dan mengimplementasikan hasil peramalan untuk pengelolaan permintaan roti kering dan basah. Metode analisis menggunakan metode time series ARIMA Box Jenkins. Data penelitian berupa data penjualan harian produk roti kering dan basah. Hasil temuan model ARIMA pada roti kering yakni ARIMA (4,0,4), kemudian roti basah yakni ARIMA (5,1,1). Hasil ini menunjukan penjualan roti kering saat waktu t dipengaruhi penjualan saat t-1, t-3, dan t-4 (pola permintaan siklus 4 harian). Kemudian penjualan roti basah saat t dipengaruhi penjualan saat t-1, t-2, t-3, t-4, t-5 dan t-6 (pola permintaan siklus 6 harian). Implementasi dari hasil peramalan penjualan diketahui adanya pengaruh waktu harian. Maka keputusan hari promosi yang tepat dengan harga diskon, menjadi penting untuk mengelola permintaan. Sebagai saran hari promosi untuk roti kering yakni saat hari t-2 (selasa) dan t-3 (rabu) dan atau hari t-6 (sabtu) dan t-7 (minggu). Kemudian untuk roti basah yakni saat t-4 (kamis) dan t-5 (jumat). Penerapan promosi pada hari diatas, akan bisa meratakan permintaan di sepanjang minggu. Dampaknya bisa mengurangi biaya simpan inventory pada saat peak day, juga membuat level produk dari hari ke hari akan relative sama (tidak berfluktuasi).