ANALISA SENTIMEN PADA REVIEW OPERATOR SELULER 3 (TRIINDONESIA) TERHADAP MEDIA SOSIAL (TWITTER) MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Penulis

  • Desy Nur Masita Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Tanhella Zein Vitadiar Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Indana Lazulfa Program Studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombag
  • Sri Widoyoningrum Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

Abstrak

Operator seluler merupakan produk jasa yang memberikan layanan bagi pengguna, salah satunya adalah operator seluler 3. Dalam penggunaan jasa pada operator seluler mempunyai penilaian negatif dan positif
oleh sebab itu peneliti melakukan observasi pada penggunaan operator seluler dengan menggunakan analisa sentimen untuk mengetahui nilai positif maupun negatif. Pada analisa sentimen tersebut peneliti menggunakan metode naïve bayes untuk mendapatkan kesimpulan dari penilaian yang di observasi dalam bentuk negatif, positif, dan netral. Observasi tersebut, peneliti melakukan penilain pada jejaring sosial yaitu twitter. Karena pada jejaring sosial tersebut pengguna biasanya dapat mengekspresikan penilaian terhadap apapun yang dirasa seperti penggunaan operator seluler 3. Sehingga hasil yang didapat dari penilaian sentimen tersebut dapat berupa cuitan seperti gangguan sinyal, internet error, dan mengenai layanan yang bagus menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kualitas operator seluler 3. Melalui analisa sentimen tersebut dapat membantu peneliti untuk mempermudah mendapatkan klasifikasi nilai positif, negatif, dan netral.
Kata Kunci: Operator Seluler, Twitter, Naïve Bayes.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-02