Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2024-11-30. Baca versi terbaru.

Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Konsepsi Mahasiswa Sains Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Penulis

  • Ardian Trio Wicaksono Universitas Islam Negeri Antasari
  • Anisah Mukarramah Universitas Islam Negeri Antasari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i02.8260

Abstrak

Transformasi IAIN ke UIN berdampak terhadap penambahan disiplin ilmu yakni sains. Mahasiswa sains diharapkan memiliki kemampuan mengintegrasikan ilmu dasar keislaman dan ilmu umum melalui mata kuliah pengantar integrasi ilmu dalam kurikulum MBKM. Wawancara awal dengan mahasiswa sains diketahui mereka mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan ilmu sains dan ilmu dasar keislaman sehingga memerlukan instrumen untuk mengidentifikasi profil konsepsinya. Four- tier diagnostic test salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi profil konsepsi. Tujuan penelitian mengetahui validitas Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test dan Profil Konsepsi Mahasiswa Sains pada Mata Kuliah Pengantar Integrasi Ilmu dalam Mendukung Program MBKM. Subjek penelitian mahasiswa sains yang telah menempuh mata kuliah pengantar integrasi ilmu. Instrumen berformat four-tier test dengan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes yang akan diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian: (1) Validitas Pengembangan 4 kriteria sangat valid dan 2 kriteria valid, dan (2) Profil Konsepsi Mahasiswa Sains: paham konsep 20% tidak paham konsep 42,58%; miskonsepsi 37,42%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Versi

Cara Mengutip

Wicaksono, A. T., & Mukarramah, A. (2024). Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Konsepsi Mahasiswa Sains Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(02), 57–67. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i02.8260

Terbitan

Bagian

Artikel