MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) MELALUI PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fatihah Nurur Rosyidah PGSD Universitas Hasyim Asy'ari
  • Bambang Yulianto PGSD Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi PGSD Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.699

Abstract

Pembelajaran PLH yang terjadi di kelas didominasi dengan penggunaan model pembelajaran langsung sehingga berakibat pada menurunya hasil belajar siswa, menurunnya hasil belajar siswa dari segi kogntif dan afektif . Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, bagaimana mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran serta mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model kontekstual berbasis proyek. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Jenis pendekatan yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK), tekhnik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif guna menjelaskan hasil dari penelitian. Hasil dari penelitian ini bisa dilihat pada tahap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan 2 siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I siswa mengalami peningkatan dengan nilai persentase 75,45% sedangkan pada siklus II siswa mengalami peningkatan dengan persentase 91,2%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan belajar terhadap diterapkannya model kontekstual berbasis proyek yang dilaksanakan di SD.

Kata kunci: Penerapan Model Kontekstual Berbasis Proyek, Hasil Belajar Proyek

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Fatihah Nurur Rosyidah, Bambang Yulianto, & Emy Yunita Rahma Pratiwi. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) MELALUI PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 603–609. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.699