KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING THAILAND

Authors

  • Elva Riezky Maharany Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v3i2.674

Abstract

Peningkatan kedudukan Bahasa Indonesia terwujud dengan adanya pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Salah satu pembelajaran yang memiliki karakteristik khusus adalah pembelajaran BIPA Thailand. Berdasarkan kekhususan tersebut maka diperlukan penelitian tentang kebutuhan apa saja yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan terdapat 2 pokok temuan yaitu (1) kebutuhan bahasa pengajaran BIPA Thailand dan (2) kebutuhan budaya pengajaran BIPA Thailand. Kebutuhan bahasa pengajaran BIPA terdiri atas kebutuhan materi yang dikelompokkan berdasarkan topik, jenis teks, serta tata bahasa.Terdapat 10 topik, 6 jenis teks, serta 21 materi tata bahasa. Lain halnya dengan kebutuhan budaya pengajaran BIPA yang mengelompokkan aspek kebudayaan menjadi dua yaitu topik dan aspek kebudayaan. Berdasarkan temuan topik yang diperluakan terdiri atas 10 topik sedangkan aspek kebudayaan terdapat 11 aspek yang perlu diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-11-17

How to Cite

Elva Riezky Maharany. (2018). KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING THAILAND. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 348–354. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v3i2.674

Issue

Section

Artikel