PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ari Shinta Nafirin Universitas Hasyim Asy’ari
  • Kamidjan Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bangun ruang transparan terhadap pemahaman siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Ngoro 2 yang berjumlah 53 siswa yang terbagi 27 siswa untuk kelas kontrol dan 26 siswa untuk kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah data tentang kemampuan pemahaman yang diperoleh melaluites pemahaman bangun ruang. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk engujian hipotesis digunakan uji T dua sampel. Hasil yang diperoleh dari analisis menunujukkan bahwa pemahaman materi bangun ruang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media bangun ruang transparan lebih baik dari pemahaman materi bangun ruang siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-12-03

How to Cite

Ari Shinta Nafirin, Kamidjan, & Claudya Zahrani Susilo. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.570