PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.564Abstract
Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Tunas Asri Benowo Surabaya, dalam mengenalkan angka guru masih menggunakan metode ceramah, dan hafalan. Untuk menghitung bilangan anak-anak masih menulis pada buku yang diberikan oleh gurunya. Penelitian yang dilakukan penulis saat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya dengan kegiatan yang menarik bagi anak yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang dibutuhkan untuk anak. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di TK Tunas Asri Benowo Surabaya tersebut diadakan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan mengunakan metode fingermathic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fingermathic dapat meningkatkan kemampuan berhitung di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Pada pra siklus sebesar 69,23% yang berada pada kriteria Belum Berkembang (BB), pada siklus I dilakukan tindakan melalui metode fingermathic meningkat menjadi 53,85% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan meningkat pada siklus II menjadi 84,62% pada kriteria Berkembang Sesuai harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan metode fingermathic di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang berpengaruh dengan meningkatnya kemampuan berhitung anak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).