Pengaruh Media Pembelajaran Berbantukan Aplikasi GeoGebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Maisunnajakh Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran berbantukan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini yaitu Quasi-Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa di kelas eksperimen dan 27 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah dua soal tes berbentuk uraian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum dilakukan uji hipotesis yaitu uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas data pada taraf signifikan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen (78,83) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol (58,70). Sedangkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan menunjukkan bahwa . Artinya media pembelajaran aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-28

How to Cite

Maisunnajakh. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantukan Aplikasi GeoGebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(02), 981–985. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5114