Pengaruh Media Pembelajaran Berbantukan Aplikasi GeoGebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5114Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran berbantukan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini yaitu Quasi-Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa di kelas eksperimen dan 27 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah dua soal tes berbentuk uraian. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum dilakukan uji hipotesis yaitu uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas data pada taraf signifikan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen (78,83) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol (58,70). Sedangkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan menunjukkan bahwa . Artinya media pembelajaran aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maisunnajakh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).