Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Permainan Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5113Abstract
Sangat penting bagi anak-anak untuk menguasai keterampilan numerasi sejak kecil untuk menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan konsep matematika. Dibutuhkan pedagogi kreatif untuk meningkatkat kemampuan numerasi siswa salah satunya dengan permainan tradisional ular tangga. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan ular tangga terhadap kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Metode. Penelitian dilakukan di Sidoarjo tepatnya di Sekolah Dasar Negeri Sidokare 3 dengan jumlah partisipan sebanyak 30 orang, terdiri dari 4 laki-laki dan 26 perempuan yang merupakan siswa kelas 5. Data kemampuan numerasi didapatkan melalui pretest dan postest berupa soal masing-masing sejumlah 20 dengan treatment berupa permainan ular tangga selama seminggu. Analisis data menggunakan paired sample Ttest dengan bantuan SPSS 26. Hasil. Hasil analisis data membuktikan bahwa ada peningkatan sebesar 27% dengan nilai t=-4.029 dengan nilai Sig (2-tailed = 0,000) < α (0.05) yang berarti ada beda antara hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Hal
tersebut menjelaskan bahwa kemampuan numerasi dapat ditingkatkan dengan pemberian perlakuaan berupa permainan tradisional. Kesimpulan. Kemampuan numerasi siswa khususnya di sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan pedagogi kreatif salah satunya dengan model permainan. Permainan tradisional ular tangga menjadi salah satu opsinya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fakhrur Rozy, Muhammad Assegaf Baalwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).