Efisiensi Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Peningkatan Assesmen Sumatif Pembelajaran Bahasa Indonesia P5 Kurikulum Merdeka Di MAN 3 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5111Abstract
Suatu pembelajaran tentunya tidak terlepas dari perangkat pembelajaran ataupun strategi perencanaan sebelum memulai proses pembelajaran. Pendidik berusaha menentukan platform yang tepat dalam pembelajaran, untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM), dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilandasi dengan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka di MAN 3 Kediri. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yang memaparkan objek dan hasil kajian dalam bentuk naratif. Sumber data diambil dari penyebaran kueisoner yang berisi mengenai implementasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MAN 3 Kediri sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi naratif yang berorientasi pada pendeskripsian terhadap observasi penyebaran questioner yang diperoleh. Hasil analisis penelitian ini yakni, secara sepenuhnya proses belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN 3 Kediri, telah mengimplementasikan perangkat UKBM. Kesesuaian UKBM bagi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah selaras. Tingkat keterbacaannya pun tepat bagi siswa. Kepraktisan perangkat tersebut cukup praktis dan efisien.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mayada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).