Efisiensi Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Peningkatan Assesmen Sumatif Pembelajaran Bahasa Indonesia P5 Kurikulum Merdeka Di MAN 3 Kediri

Authors

  • Mayada Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5111

Abstract

 

Suatu pembelajaran tentunya tidak terlepas dari perangkat pembelajaran ataupun strategi perencanaan sebelum memulai proses pembelajaran. Pendidik berusaha menentukan platform yang tepat dalam pembelajaran, untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM), dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilandasi dengan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka di MAN 3 Kediri. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yang memaparkan objek dan hasil kajian dalam bentuk naratif. Sumber data diambil dari penyebaran kueisoner yang berisi mengenai implementasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa MAN 3 Kediri sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi naratif yang berorientasi pada pendeskripsian terhadap observasi penyebaran questioner yang diperoleh. Hasil analisis penelitian ini yakni, secara sepenuhnya proses belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN 3 Kediri, telah mengimplementasikan perangkat UKBM. Kesesuaian UKBM bagi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sudah selaras. Tingkat keterbacaannya pun tepat bagi siswa. Kepraktisan perangkat tersebut cukup praktis dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-28

How to Cite

Mayada. (2023). Efisiensi Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Peningkatan Assesmen Sumatif Pembelajaran Bahasa Indonesia P5 Kurikulum Merdeka Di MAN 3 Kediri. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(02), 993–1003. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5111