Pengembangan Soal Matematika Kontekstual Tipe HOTS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV SD

Authors

  • Wuli Oktiningrum Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5064

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam pengembangan soal HOTS sehingga siswa kurang berpengalaman dalam mengerjakan soal berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk membuat seperangkat soal matematika kontektual tipe HOTS yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar, serta untuk mengetahui apakah seperangkat soal tersebut dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis, desain, evaluasi dan revisi merupakan metode yang digunakan dalam pengembangan ini. Tahapan yang digunakan yaitu tahap preliminary dan prototyping dengan alur formative evaluation. Sebanyak 28 siswa kelas IV SD Negeri 2 Tlogorejo serta 2 pakar ahli terlibat dalam tahap prototyping. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan hasil tes. Hasil dari penelitian ini adalah seperangkat soal matematika kontekstua tipe HOTS sebanyak 6 butir soal yang valid, serta dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Valid dan praktis dapat dilihat dari hasil validasi dengan rata-rata 95,5%, dan hasil reliabilitas 0,878 dengan interpretasi reliabilitas sangat tinggi. Hasil analisis mengungkapkan, terdapat 11,11% siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dengan kategori baik, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-28

How to Cite

Oktiningrum, W. (2023). Pengembangan Soal Matematika Kontekstual Tipe HOTS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV SD. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(02), 986–992. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i02.5064