Efektivitas Pembelajaran Matematika Materi Luas Segiempat dengan Media Pembelajaran Manipulatif
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.5058Abstrak
Penelitian ini mengacu pada media pembelajaran manipulatif, yaitu media yang dapat digunakan untuk menvisualkan materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika materi luas segiempat dengan media pembelajaran manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang sebanyak 120 siswa sedangkan sampelnya yaitu 21 siswa kelas VII D. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kelas VII D memiliki nilai rata-rata matematika yang paling rendah dibandingkan kelas-kelas yang lain. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kemudian dibandingkan dengan kriteria keefektifan yang ditetapkan yaitu pembelajaran dikatakan efektif jika persentase kentuntasan klasikal melebihi 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi luas segiempat efektif dengan media pembelajaran manipulatif.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Umi Fadilah, Siti Khabibah, Nihayatus Sa’adah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).