Efektivitas Pembelajaran Matematika Materi Luas Segiempat dengan Media Pembelajaran Manipulatif

Penulis

  • Siti Umi Fadilah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Siti Khabibah Universitas Negeri Surabaya
  • Nihayatus Sa’adah Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.5058

Abstrak

Penelitian ini mengacu pada media pembelajaran manipulatif, yaitu media yang dapat digunakan untuk menvisualkan materi yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika materi luas segiempat dengan media pembelajaran manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Salafiyah Syafi’iyah Seblak Jombang sebanyak 120 siswa sedangkan sampelnya yaitu 21 siswa kelas VII D. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kelas VII D memiliki nilai rata-rata matematika yang paling rendah dibandingkan kelas-kelas yang lain. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kemudian dibandingkan dengan kriteria keefektifan yang ditetapkan yaitu pembelajaran dikatakan efektif jika persentase kentuntasan klasikal melebihi 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi luas segiempat efektif dengan media pembelajaran manipulatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Fadilah, S. U., Khabibah, S., & Sa’adah, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Materi Luas Segiempat dengan Media Pembelajaran Manipulatif. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(01), 39–43. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v9i01.5058

Terbitan

Bagian

Artikel