Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Gambar Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Gaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3972Abstract
Salah satu faktor penentu yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model dan media pembelajaran. Efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar ilustrasi dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar ilustrasi terhadap kemampuan dalam mendeskripsikannjenis-jenis gaya dan manfaatnya. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre test-post test. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive yang terdiri dari 25 siswa di SD Negeri Waung 1 Kabupaten Tulungagung. Teknik analisis data menggunakan uji-uji relevan kependidikan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Adapun hasil uji normalitas data diperoleh 0,662 > 0,05 pada kelas pre test dan 0,130 > 0,05 pada kelas post test, sehingga menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji homogentias data diperoleh hasil 0,066 > 0,05 pada kelas pre test dan 0,196 pada kelas post test, sehimgga data memiliki homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil t-hitung sebesar 19,596 > 2,063 (t-tabel). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil antara pre tes dan post tes pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi tentang jenis-jenis gaya dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).