Metode Stop Think Do untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Melalui Aplikasi Kahoot

Authors

  • Windy Neyya Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rita Rosmiati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endah Siti Nur Hamidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Salma Davina Yahya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faiz Ali Akbar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama Wijaya Abdul Rozak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heni Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3959

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini masih terbilang konvensional karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Hal ini menjadi kendala bagi siswa untuk dapat berasumsi secara responsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode STD terhadap tingkat pemahaman siswa pada materi "Kerjasama Ekonomi Internasional". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain preexperimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI dari salah satu SMA di kota Bandung dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang. Metode pengumpulan informasi melalui pretest dan posttest dengan menggunakan aplikasi kahoot untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, serta pemberian kuesioner dengan skala likert kepada siswa sebagai bentuk respon siswa terhadap penerapan metode STD. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode STD berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa secara simultan dan parsial pada materi "Kerjasama Ekonomi Internasional".

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-28

How to Cite

Lestari, W. N., Rosmiati, R., Hamidah, E. S. N., Yahya, S. D., Akbar, F. A., Rozak, R. W. A., & Mulyani, H. (2023). Metode Stop Think Do untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Melalui Aplikasi Kahoot. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(01), 967–973. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3959