Pengaruh Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sudut

Authors

  • Norma Khoirotim Muafifah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Siti Faizah Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3952

Abstract

Penelitian ini mengacu pada pembelajaran dengan alat peraga, alat peraga adalah sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk menyampaikan suatu informasi melalui rangsangan pikiran, fokus,
dan kemauan siswa sehingga siswa terdorong untuk belajar. Penelitian eksperimen ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar siswa pada
materi sudut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian
menunjukkan, menggunakan alat peraga jam sudut berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t nilai rata-rata dari 21
sampel adalah 36.19 saat pretest dan 52.62 saat posttest, yang berarti nilai rata-rata posttest
lebih tinggi dari nilai pretest. Pada uji t test hasil yang dapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0.000 <
0.05 yang berarti penggunaan alat peraga jam sudut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
kelaas VIII pada materi sudut

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-19

How to Cite

Norma Khoirotim Muafifah, & Siti Faizah. (2023). Pengaruh Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sudut. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(01), 953–956. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3952