Pengaruh Alat Peraga Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sudut
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3952Abstract
Penelitian ini mengacu pada pembelajaran dengan alat peraga, alat peraga adalah sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk menyampaikan suatu informasi melalui rangsangan pikiran, fokus,
dan kemauan siswa sehingga siswa terdorong untuk belajar. Penelitian eksperimen ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar siswa pada
materi sudut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian
menunjukkan, menggunakan alat peraga jam sudut berpengaruh terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t nilai rata-rata dari 21
sampel adalah 36.19 saat pretest dan 52.62 saat posttest, yang berarti nilai rata-rata posttest
lebih tinggi dari nilai pretest. Pada uji t test hasil yang dapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0.000 <
0.05 yang berarti penggunaan alat peraga jam sudut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
kelaas VIII pada materi sudut
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).