ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN KONTEKS PERMAINAN FUTSAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Kiki Nia Sania Effendi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • - Zulkardi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya Palembang
  • Ratu Ilma Indra Putri Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya Palembang
  • Poppy Yaniawati Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pasundan Bandung

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Futsal

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Gerakan Literasi Sekolah
(GLS) dan mengetahui konteks-konteks yang ada dalam permainan futsal untuk dijadikan
starting point dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan bagian dari tahap
preliminary dari penelitian metode design research dengan jenis penelitian pengembangan atau
development studies. Metode design research terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary atau
persiapan, tahap protoyping, dan tahap penilaian atau assessment. Adapun hasilnya adalah
penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang belum tercapai hingga tahap pembelajaran
khususnya dalam pembelajaran matematika. Selain itu hasil eksplorasi menunjukan adanya
konsep matematika yang diterapkan dalam permaianan futsal diantaranya adalah: persegi
panjang, lingkaran, garis, segitiga, segiempat, statistika, jarak, kecepatan, sudut, peluang,
penjumlahan, dan pengurangan bilangan bulat, serta himpunan.
Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Futsal.

 

Abstract
This study aims to find out how the application of Gerakan Literasi Sekolah (GLS) and know
the contexts that exist in futsal game to be used as starting point in learning mathematics. This
research is part of the preliminary stage of research design research method with the type of
research development or development studies. Research design method consists of three stages,
namely preliminary or preparatory stage, protoyping stage, and assessment phase. The result is
the application of Gerakan Literasi Sekolah (GLS) that has not been reached until the learning
stage, especially in learning mathematics. Besides the exploration results show the existence of
mathematical concepts applied in futsal permaianan are: circles, lines, triangles, quadrilateral,
statistics, distance, speed, angle, opportunities, addition, and subtraction of integers and the set.
Keywords: Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Futsal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-05

How to Cite

Effendi, K. N. S., Zulkardi, .-., Putri, R. I. I., & Yaniawati, P. (2018). ANALISIS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN KONTEKS PERMAINAN FUTSAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/259

Issue

Section

Artikel