PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII

Authors

  • Deswita Aji Astutik Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Oktaffi Arinna Manasikana Program Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2517

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk membuat dan mengukur valid, praktis dan efektif LKPD berbasis numbered heads together pada materi zat aditif kelas VIII. Metode penelitian mengintisarikan pengembangan model ADDIE yang dilakukan lima tahap ialah analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari validasi LKPD oleh dua validator ahli dan pendidik didapatkan skor rerata sebesar 77,8% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan penggunaan LKPD didapatkan skor rata-rata 88,6% dan hasil respon positif peserta didik didapatkan skor rerata sebesar 92.8% dengan kelompok sangat praktis. Hasil keefektifan mengolah ketuntasan hasil belajar peserta didik didapatkan skor rerata78,7% dengan kategori efektif.

Kata Kunci : Pengembangan LKPD, Model Numbered Heads Together, Zat  Aditif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-30

How to Cite

Deswita Aji Astutik, & Oktaffi Arinna Manasikana. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATERI ZAT ADITIF KELAS VIII. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 866–871. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i1.2517