PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SD

Authors

  • Muhammad Nuruddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hasyim Asy’ari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan kendala-kendala yang muncul serta cara mengatasinya dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersiklus dengan berpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur dalam penelitian tindakan ini bersifat daur ulang atau siklus yang terdiri atas dua siklus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, yaitu 1) pengamatan, 2) tes, 3) catatan lapangan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil yang maksimal, 2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi mencapai batas minimal KKM yang ada di sekolah tersebut dengan ketuntasan klasikal 96%, 3) kendala-kendala yang dihadapi berpusat pada teknis pengelolaan pembelajaran, cara mengatasinya dengan meninjau kembali teknis pengelolaan pembelajaran dan membuat solusi kemudian diterapkan pada pembelajaran selanjutnya.
Dari kegiatan yang dilaksanakan, terbukti bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Kedunggede I Dlanggu Mojokerto. Oleh karena itu, pemanfaatan lingkungan sekitar sebaiknya dioptimalkan untuk pembelajaran, terutama pembelajaran menulis puisi.
Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah, kemampuan menulis puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Nuruddin, M. (2016). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SD. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/16

Issue

Section

Artikel