PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan kendala-kendala yang muncul serta cara mengatasinya dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas kolaboratif bersiklus dengan berpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur dalam penelitian tindakan ini bersifat daur ulang atau siklus yang terdiri atas dua siklus.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, yaitu 1) pengamatan, 2) tes, 3) catatan lapangan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa 1) keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil yang maksimal, 2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi mencapai batas minimal KKM yang ada di sekolah tersebut dengan ketuntasan klasikal 96%, 3) kendala-kendala yang dihadapi berpusat pada teknis pengelolaan pembelajaran, cara mengatasinya dengan meninjau kembali teknis pengelolaan pembelajaran dan membuat solusi kemudian diterapkan pada pembelajaran selanjutnya.
Dari kegiatan yang dilaksanakan, terbukti bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN Kedunggede I Dlanggu Mojokerto. Oleh karena itu, pemanfaatan lingkungan sekitar sebaiknya dioptimalkan untuk pembelajaran, terutama pembelajaran menulis puisi.
Kata Kunci: Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah, kemampuan menulis puisi.
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).