PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI HASYIM ASY’ARI
DOI:
https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1465Abstract
Pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Suasana belajar yang menyenangkan dan implementasi model pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang dicapai. Agar dalam proses belajar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa dapat berperan aktif, oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan judul Efektivitas Model Cooperatife Learning Tipe Scramble Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Model Scramble diterapkan pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Surabaya. Pengetahuan wawasan dapat dilihat dari hasil lembar kerja dan angket yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan hasil bahwa, siswa kelas IV lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran sistem daring. Siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, aktif bertanya, menanggapi apa yang dijelaskan oleh guru, mengerjakan perintah yang diberikan dan lebih disiplin dalam belajar. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi Gaya dan Gerak dengan menerapkan model Scramble dapat dilihat dari hasil LKS yang memuaskan yaitu di atas rata-rata.
Kata kunci: Model Scramble, Materi Gaya dan Gerak, Sekolah Dasar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).