PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI HASYIM ASY’ARI

Authors

  • Evi Rizqi Salamah STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1465

Abstract

Pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Suasana belajar yang menyenangkan dan implementasi model pembelajaran sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang dicapai. Agar dalam proses belajar dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan siswa dapat berperan aktif, oleh karena itu peneliti melaksanakan penelitian dengan judul Efektivitas Model Cooperatife Learning Tipe Scramble Pada Materi Gaya dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Model Scramble diterapkan pada materi Gaya dan Gerak siswa kelas IV MI Hasyim Asy’ari Surabaya. Pengetahuan wawasan dapat dilihat dari hasil lembar kerja dan angket yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan hasil bahwa, siswa kelas IV lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran sistem daring. Siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, aktif bertanya, menanggapi apa yang dijelaskan oleh guru, mengerjakan perintah yang diberikan dan lebih disiplin dalam belajar. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi Gaya dan Gerak dengan menerapkan model Scramble dapat dilihat dari hasil LKS yang memuaskan yaitu di atas rata-rata.

Kata kunci: Model Scramble, Materi Gaya dan Gerak, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Evi Rizqi Salamah. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI HASYIM ASY’ARI. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 807–816. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1465