PENGARUH PROJECT BASED LEARNING – STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS PADA ABAD 21

Authors

  • Yuhana Elva Program Studi Tadris Kimia, UIN Antasari Banjarmasin
  • Ratna Kartika Irawati Program Studi Tadris Kimia, UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1463

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini ialah untuk mendiskripsikan pengaruh dari implementasi model Project Based Learning – STEM terhadap pembelajaran sains pada abad 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat studi literatur atau telaah pustaka. Berdasarkan data – data yang diperoleh dan dianalisis dari beberapa literatur, pembelajaran dengan Project Based Learning – STEM menjadi salah satu alternatif untuk melatih keterampilan siswa pada abad 21. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh dari implementasi model  Project Based Learning – STEM  terhadap pembelajaran sains dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, kreativitas siswa, kemampuan berkomunikasi, dan keterampilan kolaborasi sehingga dapat mendorong siswa agar memiliki keterampilan pada abad ke-21.

Kata kunci: Project Based Learning, STEM, dan Keterampilan Abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yuhana Elva, & Ratna Kartika Irawati. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING – STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS PADA ABAD 21. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 793–798. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1463