PERMASALAHAN PERKEMBANGAN MINAT SEKOLAH YANG BERBASIS AGAMA DALAM PERSPEKTIF TEOLOGIS, CRITERIOLOGIS DAN AKSIOLOGIS SERTA SOLUSI ALTERNATIFNYA

Authors

  • Nor Amaliah Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1460

Abstract

Tujuan dari penyusunan ini merupakan buat mangupas sebagian permasalahan pertumbuhan atensi sekolah yang berbasis agama dalam perspektif teologi, criteriologi serta aksiologi. Teologi ialah ilmu yang menekuni seluruh suatu yang berkaitan dengan kepercayaan beragama. Permasalahan madrasah yang jadi atensi teologi dalam penyelenggaraan madrasah dibutuhkan pendirian, pegangan hidup serta pola pandang berfikir manusia. Criteriologi ialah cabang filsafat yang berupaya buat menetapkan benar ataupun tidaknya sesuatu benak ataupun pengetahuan bersumber pada dimensi tentang kebenaran. Aksiologi yakni ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat nilai, semacam etika serta estetika. Etika bersangkutan dengan permasalahan kebaikan, sebaliknya estetika dengan permasalahan keelokan.

Kata Kunci: Madrasah, teologis, crieteriologis dan aksiologis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Nor Amaliah. (2021). PERMASALAHAN PERKEMBANGAN MINAT SEKOLAH YANG BERBASIS AGAMA DALAM PERSPEKTIF TEOLOGIS, CRITERIOLOGIS DAN AKSIOLOGIS SERTA SOLUSI ALTERNATIFNYA. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 771–778. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1460