PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO)

Authors

  • Amriani Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Muhammdiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yanga mengkaji tentang  peranan pendidikan agama Islam di perguruan tinggi sebagai mata kuliah umum (MKU) untuk menguatkan karakter religius mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran pendidikan Al-Islam kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Palopo. Faktor pendukung dan penghambat peran pendidikan AIK dan respon mahasiswa terhadap peran Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan di Universitas Muhammadiyah Palopo. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian yang mengacu pada rumusan masalah menunjukkan bahwa Proses pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan tidak terlepas dari kerjasama dari semua pihak. Yaitu, khususnya para dosen pengampu yang senantiasa berpartisifasi aktif dalam membina, membimbing para mahasiswa untuk menjadi masyarakat yang beakhlak mulia, bermartabat serta mampu memahami eksistensinya sebagai khalifah dimuka bumi ini.

Kata Kunci: Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyaan, Karakter Religius.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Amriani. (2021). PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN AL ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO) . Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 759–765. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v6i1.1458