PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF MONOLITA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan Game Edukatif Monolita sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP yang valid, efektif, dan praktis. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang sudah dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian. Game Edukatif Monolita diuji cobakan pada delapan siswa kelas VII MTs Al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Secara umum, penelitian ini mengungkapkan bahwa media pembelajaran Game Edukatif Monolita telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sebagai media pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil uji validitas maka diperoleh skor Game Edukatif Monolita 79,17, menurut kriteria kevalidan yang telah ditetapkan, maka media pembelajaran memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba keefektifan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif dengan rataan skor akhir (Sm) angket respon siswa memenuhi kategori baik sebesar 3,04. Uji coba tentang kepraktisan media pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran Game Edukatif Monolita praktis dengan rataan skor hasil pengamatan (Sr) terhadap aktivitas guru sebesar 3,30.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan, Monolita.
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).