UTILIZING VISUAL SYNTACTIC TEXT FORMATING (VSTF) METHODS TO IMPROVE STUDENTS GRAMMATICAL COMPETENCE IN WRITING

Authors

  • Anes Listiyani Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris, UniversitasNegeri Malang

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMKN 3 Madiundidapatkan bahwa kemampuan gramatika dalam menulis siswa kelas X AK tahun ajaran 2013-2014 masih belum memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan. Instrument dalam pengumpulan data adalah ceklis observasi, kuesioner, field note dan tes menulis siswa yang diukur dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode VSTF berhasil meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis.Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase prestasi siswa dibandingkan dengan kriteria kesuksesan. Kriterianya adalah lebih dari 80% siswa berpartisipasi atau terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar dan analisa data menunjukkan 75.00%, (di siklus I) dan 81.25% (di siklus II) siswa terlibat secara aktif. Terkait dengan kriteria kedua yaitu jika lebih dari 80% siswa mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa 71.88% (di siklus I) dan 84.38% (di siklus II) siswa telah mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa metode VSTF efektif untuk meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa inggris.
Kata Kunci: VSTF, meningkatkan, kompetensi gramatika, menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Listiyani, A. (2016). UTILIZING VISUAL SYNTACTIC TEXT FORMATING (VSTF) METHODS TO IMPROVE STUDENTS GRAMMATICAL COMPETENCE IN WRITING. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ed-humanistics/article/view/10

Issue

Section

Artikel