UTILIZING VISUAL SYNTACTIC TEXT FORMATING (VSTF) METHODS TO IMPROVE STUDENTS GRAMMATICAL COMPETENCE IN WRITING
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMKN 3 Madiundidapatkan bahwa kemampuan gramatika dalam menulis siswa kelas X AK tahun ajaran 2013-2014 masih belum memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan. Instrument dalam pengumpulan data adalah ceklis observasi, kuesioner, field note dan tes menulis siswa yang diukur dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode VSTF berhasil meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis.Hal ini ditunjukkan dari peningkatan persentase prestasi siswa dibandingkan dengan kriteria kesuksesan. Kriterianya adalah lebih dari 80% siswa berpartisipasi atau terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar dan analisa data menunjukkan 75.00%, (di siklus I) dan 81.25% (di siklus II) siswa terlibat secara aktif. Terkait dengan kriteria kedua yaitu jika lebih dari 80% siswa mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa 71.88% (di siklus I) dan 84.38% (di siklus II) siswa telah mendapatkan skor lebih dari sama dengan 60. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa metode VSTF efektif untuk meningkatkan kompetensi gramatika dalam menulis dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar bahasa inggris.
Kata Kunci: VSTF, meningkatkan, kompetensi gramatika, menulis.
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).